Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit Melalui Penerapan Model Cooperative Learning tipe NHT Berbantuan Media Video di Kelas IV SDN Slawu 03 Tahun Ajaran 2015/2016

Penelitian ini dirancang sebagai sebuah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), hal yang menjadi latar belakang dari penelitian ini, yaitu pada pokok bahasan perubahan kenampakan bumi dan benda langit guru telah menggunakan media gambar, namun belum terealisasikan dengan baik sehingga...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Aristya Ayu Syafitri (Author), Singgih Bektiarso (Contributor), Agustiningsih (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-05-30T03:53:45Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dirancang sebagai sebuah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), hal yang menjadi latar belakang dari penelitian ini, yaitu pada pokok bahasan perubahan kenampakan bumi dan benda langit guru telah menggunakan media gambar, namun belum terealisasikan dengan baik sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media video. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Slawu 03 yang terdiri dari 36 siswa. Selama penelitian berlangsung, peneliti bertindak sebagai guru kelas, sedangkan kegiatan pengamatan dilakukan oleh rekan-rekan sejawat. Pengumpulan data lapangan dilakukan melalui pengisian lembar observasi, wawancara, pengambilan dokumentasi, dan pengadaan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 19,1 (rata-rata skor 64,7 pada siklus 1 meningkat menjadi 83,8 pada siklus 2 dengan kriteria aktif) dan hasil belajar mengalami peningkatan dari skor 72,1 pada siklus 1 menjadi 84,4 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 86% pada siklus 2 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan cooperative learning tipe NHT berbantuan media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Slawu 03 tahun ajaran 2015/2016.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74273