PENERAPAN STRATEGI BELAJAR MNEMONIC DAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA IPA POKOK BAHASAN PANCA INDRA KELAS IV DI SDN GLANGGANG 01 PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Permasalahan yang ada di kelas IV SDN Glanggang 01 Pasuruan adalah motivasi  dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal tersebut dikarenakan guru belum menggunakan strategi dan metode yang dapat menekankan kemampuan dalam mengingat materi pembelajaran. Alternatif pemecahan masalah tersebut adalah den...

Volledige beschrijving

Bewaard in:
Bibliografische gegevens
Hoofdauteurs: Dewi Annisa (Auteur), Singgih Bektiarso (Bijdrager), Agustiningsih (Bijdrager)
Formaat: Academic Paper
Gepubliceerd in: UNEJ, 2016-05-30T07:35:13Z.
Onderwerpen:
Online toegang:Get Fulltext
Tags: Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
Omschrijving
Samenvatting:Permasalahan yang ada di kelas IV SDN Glanggang 01 Pasuruan adalah motivasi  dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal tersebut dikarenakan guru belum menggunakan strategi dan metode yang dapat menekankan kemampuan dalam mengingat materi pembelajaran. Alternatif pemecahan masalah tersebut adalah dengan menggunakan strategi belajar mnemonic dan metode snowball throwing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA melalui strategi belajar mnemonic dan metode snowball throwing. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Glanggang 01 Pasuruan Tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 29 siswa yang terdiri atas 20 laki-laki dan 9 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA  menggunakan strategi belajar mnemonic dan metode snowball throwing mengalami peningkatan. Peningkatan motivasi ditunjukkan dengan rata-rata skor motivasi pada siklus I sebesar 59,38 kemudian rata-rata skor motivasi belajar siswa pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 70,21. Skor motivasi belajar siswa siklus 1 ke siklus 2 adalah 11,76. Selanjutnya skor hasil belajar siswa siklus I secara klasikal sebesar 71,35. Skor belajar siswa siklus II secara klasikal sebesar 80,28. Jadi skor hasil belajar siklus 1 ke siklus 2 adalah 8,93.Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi belajar mnemonic dan metode snowball throwing terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Glanggang 01 Pasuruan..
Beschrijving item:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74329