Profil Siswa Kelas IX dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif di MTs Negeri Jember 1

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil siswa kelas IX dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi lengkung ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif di MTs Negeri Jember 1. Jadi, pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran mengenai siswa dengan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Diana Mutdaifa Osy Suni (Author), Hobri (Contributor), Dian Kurniati (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-06-01T01:47:38Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil siswa kelas IX dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi lengkung ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif di MTs Negeri Jember 1. Jadi, pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran mengenai siswa dengan gaya kognitif reflektif dan siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi lengkung berdasarkan kemampuan pemecahan masalah matematikanya. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif memiliki beberapa kecenderungan dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi lengkung yaitu cenderung dapat memahami dan memecahkan permasalahan, membutuhkan waktu yang lebih lama daripada siswa dengan gaya impulsif dalam memahami dan memecahkan permasalahan, dapat menuliskan langkah-langkah pemecahan masalah dengan runtut dan benar, serta teliti dalam melakukan pemecahan masalah sehingga hasil akhir benar . Sedangkan untuk siswa dengan gaya kognitif impulsif memiliki beberapa kecenderungan dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi lengkung yaitu cenderung tidak dapat memahami dan memecahkan permasalahan, tidak dapat menuliskan langkah-langkah pemecahan masalah dengan runtut dan benar, tidak menguasai rumus untuk diaplikasikan ke soal cerita, serta tidak teliti dalam melakukan pemecahan masalah sehingga hasil akhir salah.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74379