Hubungan antara persepsi dan motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika pokok bahasan energi siswa kelas 1 cawu III SLTP Negeri 3 Jember tahun ajaran 2001/2002

Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, diantaranya persepsi dan motivasi. Persepsi dapat dikatakan sebagai pra kemampuan yang akan menjadi dasar siswa dalam belajar. Dengan memiliki pra kemarnpuan yang positif dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Pokok permasalahannya adala...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WATI, Yeni Kartika (Author)
Other Authors: Mahardika, I Ketut (Contributor), Supriadi, Bambang (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-01T08:03:21Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02779 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_74423
042 |a dc 
100 1 0 |a WATI, Yeni Kartika  |e author 
100 1 0 |a Mahardika, I Ketut  |e contributor 
100 1 0 |a Supriadi, Bambang  |e contributor 
245 0 0 |a Hubungan antara persepsi dan motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika pokok bahasan energi siswa kelas 1 cawu III SLTP Negeri 3 Jember tahun ajaran 2001/2002 
260 |c 2016-06-01T08:03:21Z. 
500 |a 980210102224 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74423 
520 |a Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, diantaranya persepsi dan motivasi. Persepsi dapat dikatakan sebagai pra kemampuan yang akan menjadi dasar siswa dalam belajar. Dengan memiliki pra kemarnpuan yang positif dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Pokok permasalahannya adalah: 1. adakah hubungan yang signifikan antara persepsi dan motivasi belajar Fisika dengan hasil belajar Fisika, 2. sejauh manakah hubungan antara persepsi dan motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika. Tujuan penelitian ini untuk: 1. mengetahui hubungan yang signifikan antara persepsi dan motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika, 2. mengetahui sejauh mana hubungan antara persepsi dan motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika.Daerah penelitian ditentukan dengan purposive sampling yaitu SLTPN 3 Jember. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kelas yang dijadikan sampel 1 kelas dari 4 kelas dan untuk menentukan kelas yang dijadikan penelitian dengan teknik undian. Untuk menguji homogenitas responden penelitian digunakan analisis varian (ANAVA), diperoleh harga Fh < Ft pada taraf signitikan 5% yaitu 2, 15 < 2,66 sehingga responden homogen. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, angket dan observasi. Analisa data digunakan teknik statistik product moment dan tabel interpretasi r. Hasil analisa data menunjukkan bahwa koefisien korelasi rxy=0,84 dan nilai Ttut> pada taraf signifikansi 5% dengan N-45 adalab 0,294. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Trut lebih besar daripada r,.b. rh;, juga dikonsultasikan dengan tabel interpretasi, terletak pada interval 0,80<rSl ,00 dengan interprctasi korelasi tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1. ada hubungan yang signifikan antara persepsi dan motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika_ 2. ada hubungan yang tinggi anatara persepsi dan motivasi belajar fisika denagn belajar fisika 
546 |a id 
690 |a Persepsi 
690 |a Motivasi belajar 
690 |a Fisika 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74423 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74423  |z Get Fulltext