INTERFERENSI BAHASA JAWA TERHADAP BAHASA INDONESIA TULIS SISWA KELAS I SLTP KEDIRI TAHUN AJARAN 2000 / 2001

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang bentuk-bentuk interefrensi dan upaya pemecahannya. Teori yang digunakan adalah kedwibahasaan, tinjauan tentang intereferensi dan kontak bahasa. Penelitian dalam skripsi ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan mengguna...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NURLAILI, ANA (Author)
Other Authors: Muji (Contributor), Andianto, Mujiman Rus (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-02T12:50:18Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02093 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_74478
042 |a dc 
100 1 0 |a NURLAILI, ANA  |e author 
100 1 0 |a Muji  |e contributor 
100 1 0 |a Andianto, Mujiman Rus  |e contributor 
245 0 0 |a INTERFERENSI BAHASA JAWA TERHADAP BAHASA INDONESIA TULIS SISWA KELAS I SLTP KEDIRI TAHUN AJARAN 2000 / 2001 
260 |c 2016-06-02T12:50:18Z. 
500 |a 960210402317 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74478 
520 |a Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang bentuk-bentuk interefrensi dan upaya pemecahannya. Teori yang digunakan adalah kedwibahasaan, tinjauan tentang intereferensi dan kontak bahasa. Penelitian dalam skripsi ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriftif. Metode pengumpulan data dengan pembuatan karangan oleh siswa dan wawancara oleh guru. Sedangkan menganalisisnya dengan menggunakan analisis domain, analisis taksonomis dan analisis tema kultural. Hasil dan pembahasan dalam skripsi ini adalah interferensi fonologi, interferensi morfologi, interferensi sintaksis meliputi frase, dan interferensi leksikal meliputi bentuk dasar dan bentuk berimbuhan dan upaya-upaya penanggulangannya. Berdasarkan gagasan tersebut dapat disarankan: 1) bagi guru bahasa Indonesia, sebaiknya pada bidang fonologis pengucapan siswa, dan pada bidang lain, tidak bosan-bosan untuk mengoreksi dan memperbaiki tulisan siswa dalam setiap tugas dan ulangan agar tidak terjadi interferensi. 2) bagi, penulis buku ajar seyogyanya berhati-hati dalam menuluskan ejaan, merangkai morfem, memberikan contoh kalimat maupun contoh kata. 3) bagi peneliti selanjutnya, dapat mencermati gejala lain yang berkaitan dengan kajian sosiolinguistik. 
546 |a id 
690 |a Interferensi 
690 |a BAHASA INDONESIA TULIS 
690 |a BAHASA JAWA TULIS 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74478 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74478  |z Get Fulltext