Studi Komparatif Hasil Belajar Pembelajaran Kontekstual dengan Pembelajaran Konvensional Sub Konsep Keanekaragaman Tumbuhan pada Siswa Kelas 1 Semester I Di SMPN 3 Jember

Dengan diberlakukannya KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) menuntut adanya perubahan pola pembelajaran, dari pembelajaran yang menempatkan guru sebagai sentral kegiatan belajar mengajar ke pembelajaran yang menempatkan siswa pada posisi diberdayakan secara aktif dalam proses belajar mengajar. Salah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sulisetiyani, Endah (Author)
Other Authors: Supriyanto (Contributor), Prihatin, Jekti (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-07T01:43:46Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02122 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_74538
042 |a dc 
100 1 0 |a Sulisetiyani, Endah  |e author 
100 1 0 |a Supriyanto  |e contributor 
100 1 0 |a Prihatin, Jekti  |e contributor 
245 0 0 |a Studi Komparatif Hasil Belajar Pembelajaran Kontekstual dengan Pembelajaran Konvensional Sub Konsep Keanekaragaman Tumbuhan pada Siswa Kelas 1 Semester I Di SMPN 3 Jember 
260 |c 2016-06-07T01:43:46Z. 
500 |a 990210103063 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74538 
520 |a Dengan diberlakukannya KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) menuntut adanya perubahan pola pembelajaran, dari pembelajaran yang menempatkan guru sebagai sentral kegiatan belajar mengajar ke pembelajaran yang menempatkan siswa pada posisi diberdayakan secara aktif dalam proses belajar mengajar. Salah satu pembelajaran yang saat ini dikatakan sesuai KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) karena dianggap mampu memenuhi sederetan target yang ada didalamnya adalah pembelajaran kontekstual atau yang lebih dikenal dengan Contextual Teaching and Learning (CTL). Dengan CTL diharapkan dapat memberikan hasil pembelajaran yang lebih bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengkaji ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran CTL dengan pembelajaran konvensional; (2) untuk mengetahui pencapaian hasil belajar yang lebih baik antara pembelajaran CTL dengan pembelajaran konvensional. Kelas sampel diambil dari uji homogenitas yang diambil dari nilai ulangan pada konsep sebelumnya, sehingga didapatkan satu kelas eksperimen yang dikenai pembelajaran CTL dan satu kelas kontrol yang dikenai pembelajaran konvensional. Untuk melihat adanya perbedaan antara pembelajaran CTL dengan pembe]ajaran konvensional dilakukan uji-t. 
546 |a id 
690 |a Pembelajaran kontekstual 
690 |a pembelajaran konvensional 
690 |a hasil belajar 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74538 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74538  |z Get Fulltext