PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN SUMBERSARI 03 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Pembelajaran IPA diharapkan dapat menjadi proses bagi peserta didik untuk mempelajari diri - sendiri dan alam sekitar. Proses pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman lagsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Namun kenyataannya, pem...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Ferio Dandiansyah (Author), Nuriman (Contributor), Agustiningsih (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-07-28T01:03:38Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02451 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_75389
042 |a dc 
100 1 0 |a Ferio Dandiansyah  |e author 
100 1 0 |a Nuriman  |e contributor 
100 1 0 |a Agustiningsih  |e contributor 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75389 
700 1 0 |a Nuriman  |e author 
700 1 0 |a Agustiningsih  |e author 
245 0 0 |a PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN SUMBERSARI 03 TAHUN PELAJARAN 2015/2016 
260 |b UNEJ,   |c 2016-07-28T01:03:38Z. 
520 |a Pembelajaran IPA diharapkan dapat menjadi proses bagi peserta didik untuk mempelajari diri - sendiri dan alam sekitar. Proses pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman lagsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Namun kenyataannya, pembelajaran masih berlangsung satu arah dan berpusat pada guru. Proses pembelajaran kurang bervariasi sehingga membuat siswa kurang tertarik dan cenderung pasif. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas IV-A sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklusnya terdiri dari 1 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi melalui penerapkan metode eksperimen di kelas IV SDN Sumbersari 03 tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dari 65,4 % pada siklus I menjadi 79,1% pada siklus II. Skor hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan dari 71,5 pada siklus I menjadi 77,1 pada siklus II. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 tahun pelajaran 2015/2016. 
546 |a id 
690 |a aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, metode eksperimen, penelitian tindakan kelas. 
655 7 |a Student Paper  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75389 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75389  |z Get Fulltext