Penerapan Metode Diskusi dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Meneladani Kepahlawanan dan Patriotisme di Kelas IV SDN Gebang 01 Jember

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan penerapan metode diskusi dengan media gambar dalam pembelajaran IPS pokok bahasan meneladani kepahlawanan dan patriotisme di SDN Gebang 01 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Metod...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
主要な著者: Findhi Prawitasari (著者), Muhtadi Irvan (寄与者), Yayuk Mardiati (寄与者)
フォーマット: Academic Paper
出版事項: UNEJ, 2016-08-04T01:31:51Z.
主題:
オンライン・アクセス:Get Fulltext
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
LEADER 02546 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_75683
042 |a dc 
100 1 0 |a Findhi Prawitasari  |e author 
100 1 0 |a Muhtadi Irvan  |e contributor 
100 1 0 |a Yayuk Mardiati  |e contributor 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75683 
700 1 0 |a Muhtadi Irvan  |e author 
700 1 0 |a Yayuk Mardiati  |e author 
245 0 0 |a Penerapan Metode Diskusi dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Meneladani Kepahlawanan dan Patriotisme di Kelas IV SDN Gebang 01 Jember 
260 |b UNEJ,   |c 2016-08-04T01:31:51Z. 
520 |a Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan penerapan metode diskusi dengan media gambar dalam pembelajaran IPS pokok bahasan meneladani kepahlawanan dan patriotisme di SDN Gebang 01 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Metode diskusi merupakan sebagai salah satu metode mengajar yang lebih cocok apabila guru hendak memberikan kesempatan peserta didik untuk mengekspresikan kemampuan berpikir kritis dan mengeluarkan pendapat dari pengalamannya sendiri. Menggunakan media gambar siswa dapat memahami konsep yang semula rumit menjadi lebih mudah karena telah dikonkritkan ke dalam bentuk visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gebang 01 Jember dengan jumlah 42 siswa, terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa yang semula pada pra siklus skor rata-rata sebesar 49,4% dengan kriteria cukup aktif, meningkat menjadi 73,6% pada siklus I dengan kriteria aktif, dan pada siklus II meningkat menjadi 92,8% dengan kriteria sangat aktif. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 65 dengan kriteria cukup baik, sedangkan pada siklus I skor hasil belajar siswa meningkat menjadi 79 dengan kriteria baik, dan pada siklus II skor hasil belajar siswa meningkat menjadi 87 dengan kriteria sangat baik.  
546 |a id 
690 |a aktivitas belajar, hasil belajar, metode diskusi, media gambar, penerapan. 
655 7 |a Student Paper  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75683 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75683  |z Get Fulltext