Peningkatan Motivasi dan Hasil belajar IPA Pokok Bahasan Perubahan kenampakan bumi Menggunakan media audio visual di kelas IV SDN Sumbersari 1 Bondowoso semester genap tahun pelajaran 2015-2016

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 1 Bondowoso tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah adalah bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar IP...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Insan Hidayathullah, Nuriman, Agustiningsih (Author), Insan Hidayathullah (Author), Nuriman (Contributor), Agustiningsih (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-08-05T03:18:44Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 1 Bondowoso tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah adalah bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA pokok bahasan perubahan kenampakan bumi melalui penggunaan media audio visual siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Bondowoso Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pokok bahasan perubahan kenampakan bumi dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Bondowoso. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus ada dua pertemuan dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Bondowoso dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 38 siswa. Berdasarkan perbaikan pembelajaran yang dilakukan, pada siklus I persentase motivasi belajar siswa sebesar 77,63 dan pada siklus II persentase motivasi belajar siswa meningkat sebesar 92,82. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari siklus  I dengan rata-rata nilai 71 menjadi 80 pada siklus II .
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75804