PENGGUNAAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS C SMA NURIS JEMBER (Studi Kasus Pada Kompetensi Dasar Permintaan Dan Penawaran Uang Tahun Pelajaran 2015/2016)

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan oleh guru untuk membantu siswa agar lebih cepat mengetahui, memahami dan mempunyai keterampilan dalam mempelajari pelajaran yang diajarakan oleh pendidik. Tujuan adanya media pembelajaran adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa serta me...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Susanti, Pipit Isnaini Endah (Author)
Other Authors: Kantun, Sri (Contributor), Suyadi, Bambang (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-08T00:55:04Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02987 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_75896
042 |a dc 
100 1 0 |a Susanti, Pipit Isnaini Endah  |e author 
100 1 0 |a Kantun, Sri  |e contributor 
100 1 0 |a Suyadi, Bambang  |e contributor 
245 0 0 |a PENGGUNAAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS C SMA NURIS JEMBER (Studi Kasus Pada Kompetensi Dasar Permintaan Dan Penawaran Uang Tahun Pelajaran 2015/2016) 
260 |c 2016-08-08T00:55:04Z. 
500 |a 120210301026 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75896 
520 |a Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan oleh guru untuk membantu siswa agar lebih cepat mengetahui, memahami dan mempunyai keterampilan dalam mempelajari pelajaran yang diajarakan oleh pendidik. Tujuan adanya media pembelajaran adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa serta menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Penerapan media pembelajaran yang menarik sangat diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan observasi awal di kelas X IPS C SMA Nuris Jember, motivasi belajar siswa rendah, selain itu hasil belajar sisswa juga belum memenuhi KKM yang telah ditentukan. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran ekonomi kelas X IPS C masih sederhana yaitu dengan menggunakan power point, sehingga motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Nuris Jember pada siswa kelas X IPS C dengan jumlah siswa 41 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan Autoplay media studio pada siswa kelas X IPS C SMA Nuris Jember. Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data motivasi belajar siswa diperoleh dari hasil pengamatan observer pada saat pelaksanaan tindakan, sedangkan analisis hasil belajar siswa diperoleh dari nilai post test. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan Autoplay media studio dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari kategori sedang pada siklus I menjadi sangat tinggi pada siklus II dengan skor 1.74 menjadi 2.44. Hasil belajar siswa juga meningkat pada siklus I rata-rata nilai sebesar 76.85 meningkat menjadi 79.19 dan secara klasikal prosentase yang diperoleh meningkat yaitu pada siklus I presentase yang diperoleh sebesar 78 % dan pada siklus II meningkat menjadi 92 %. 
546 |a id 
690 |a AUTOPLAY MEDIA STUDIO 
690 |a MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA 
690 |a MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75896 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75896  |z Get Fulltext