PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING DISERTAI PERMAINAN DOMINO FISIKA (DOMFIS) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA

Pembelajaran menekankan pada proses belajar peserta didik dan guru bertugas untuk menciptakan sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar yang menyenangkan seperti tertuang pada Peraturan Pemerintah RI No. 19/2005 serta sesuai dengan kerakteristik mata pelajaraan. Makna pembelajara...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: MUNAWAROH, Hidayatul (Author)
其他作者: Subiki (Contributor), Wahyu, Rayendra (Contributor)
格式: Academic Paper
出版: 2016-08-08T04:50:23Z.
主题:
在线阅读:Get Fulltext
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Pembelajaran menekankan pada proses belajar peserta didik dan guru bertugas untuk menciptakan sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar yang menyenangkan seperti tertuang pada Peraturan Pemerintah RI No. 19/2005 serta sesuai dengan kerakteristik mata pelajaraan. Makna pembelajaran dan pertimbangan karakteristik fisika terutama terkait penguasaan keterampilan masih belum terlaksana secara maksimal. Hal ini dapat diketahui berdasarkan beberapa informasi dari Depdiknas, jurnal-jurnal penelitian pendidikan serta observasi di sekolah. Hasil wawancara dengan guru fisika dan observasi pembelajaran fisika di SMAN 1 Genteng dan SMAN 2 Genteng menunjukkan bahwa sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada guru dengan keaktifan siswa dilihat berdasarkan kemampuan mengerjakan soal dan keterampilan proses siswa belum teramati. Permasalahan tersebut dapat diminimalkan dengan memilih penerapan komponen pembelajaran yang inovatif dan tepat yang memiliki kelebihan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pembelajaran yang menuntut siswa berperan aktif dan menyenangkan dalam proses belajar, tuntutan penilaian keterampilan proses, dan kemungkinan belum terbiasanya siswa dengan pembelajaran inkuiri serta kelebihan kartu domino, menjadi dasar dilakukan penelitian dengan menerapkan model inkuiri terbimbing disertai permainan kartu domino pada pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing disertai permainan Domino Fisika (Domfis) terhadap keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika SMA, (2) mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing disertai permainan Domino Fisika (Domfis) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika SMA, (3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model inkuiri terbimbing disertai permainan Domino Fisika (Domfis) dalam pembelajaran fisika SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Genteng. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode cluster random sampling setelah dilakukan uji homogenitas. Desain penelitian yang digunakan adalah random pre-test, post-test desain. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian 1dan 2 adalah Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 20.0, serta untuk mendeskripsikan respon siswa digunakan persentase respon siswa.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75981