Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar pada Anak Kelompok A2 di TK Jember Permai I Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Penelitian ini dilaksanakan di TK Jember Permai I Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan media kartu bergambar dalam pembelajaran berhitung permulaan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A2 yang masih rendah. Rumusan masalah dalam...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Khusnul Nur Aisyah (Author), Nanik Yuliati (Contributor), Syarifuddin (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-08-08T07:08:00Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02257 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_75991
042 |a dc 
100 1 0 |a Khusnul Nur Aisyah  |e author 
100 1 0 |a Nanik Yuliati  |e contributor 
100 1 0 |a Syarifuddin  |e contributor 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75991 
700 1 0 |a Nanik Yuliati  |e author 
700 1 0 |a Syarifuddin  |e author 
245 0 0 |a Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar pada Anak Kelompok A2 di TK Jember Permai I Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 
260 |b UNEJ,   |c 2016-08-08T07:08:00Z. 
520 |a Penelitian ini dilaksanakan di TK Jember Permai I Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan media kartu bergambar dalam pembelajaran berhitung permulaan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A2 yang masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan media kartu bergambar dalam pembelajaran berhitung permulaan dan peningkatan kemampuan berhitung permulaan dengan menggunakan media kartu bergambar pada anak kelompok A2 di TK Jember Permai I. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.  Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 TK Jember Permai I dengan jumlah anak 19 yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil observasi kemampuan berhitung permulaan anak dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A2 mengalami peningkatan dengan kualifikasi Sangat Baik. Nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 77,05 pada pertemuan 1, 84,84 pada pertemuan 2 dan 91,78 pada siklus II. 
546 |a id 
690 |a kemampuan berhitung permulaan, media kartu bergambar, penelitian tindakan kelas 
655 7 |a Student Paper  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75991 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75991  |z Get Fulltext