Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Tipe Analytic Team melalui Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Pembelajaran kolaboratif tipe analytic team merupakan pembelajaran kolaboratif dengan mengasumsikan tugas-tugas tertentu untuk dijalankan oleh masing-masing anggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kolaboratif tipe analytic team dengan lesson study terhadap k...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Maya Umi Hajar, Jekti Prihatin, Mochammad Iqbal (Author), Maya Umi Hajar (Author), Jekti Prihatin (Contributor), Mochammad Iqbal (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-08-09T01:55:21Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pembelajaran kolaboratif tipe analytic team merupakan pembelajaran kolaboratif dengan mengasumsikan tugas-tugas tertentu untuk dijalankan oleh masing-masing anggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kolaboratif tipe analytic team dengan lesson study terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kemampuan berpikir kreatif dinilai menggunakan lembar observasi berpikir kreatif dengan indikator yang dinilai adalah mendesain dan menghasilkan serta menemukan sesuatu yang baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimental. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif tipe analytic team dengan lesson study berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 (P=0,000< 0,05) dan rerata kelas eksperimen sebesar 78,43 serta kelas kontrol sebesar 58,88. Dengan demikian, penerapan pembelajaran kolaboratif harus dilakukan secara berkelanjutan untuk mengaktifkan dan mengembangkan kemampuan berpikir siswa di dalam kelas.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76036