Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Tipe Analytic Team melalui Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Pembelajaran kolaboratif tipe analytic team merupakan pembelajaran kolaboratif dengan mengasumsikan tugas-tugas tertentu untuk dijalankan oleh masing-masing anggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kolaboratif tipe analytic team dengan lesson study terhadap k...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Maya Umi Hajar, Jekti Prihatin, Mochammad Iqbal (Author), Maya Umi Hajar (Author), Jekti Prihatin (Contributor), Mochammad Iqbal (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-08-09T01:55:21Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01955 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_76036
042 |a dc 
100 1 0 |a Maya Umi Hajar, Jekti Prihatin, Mochammad Iqbal  |e author 
100 1 0 |a Jekti Prihatin  |e contributor 
100 1 0 |a Mochammad Iqbal  |e contributor 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76036 
700 1 0 |a Maya Umi Hajar  |e author 
700 1 0 |a Jekti Prihatin  |e author 
700 1 0 |a Mochammad Iqbal  |e author 
245 0 0 |a Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Tipe Analytic Team melalui Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa 
260 |b UNEJ,   |c 2016-08-09T01:55:21Z. 
520 |a Pembelajaran kolaboratif tipe analytic team merupakan pembelajaran kolaboratif dengan mengasumsikan tugas-tugas tertentu untuk dijalankan oleh masing-masing anggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kolaboratif tipe analytic team dengan lesson study terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kemampuan berpikir kreatif dinilai menggunakan lembar observasi berpikir kreatif dengan indikator yang dinilai adalah mendesain dan menghasilkan serta menemukan sesuatu yang baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimental. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif tipe analytic team dengan lesson study berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 (P=0,000< 0,05) dan rerata kelas eksperimen sebesar 78,43 serta kelas kontrol sebesar 58,88. Dengan demikian, penerapan pembelajaran kolaboratif harus dilakukan secara berkelanjutan untuk mengaktifkan dan mengembangkan kemampuan berpikir siswa di dalam kelas. 
546 |a id 
690 |a Pembelajaran kolaboratif, analytic team, lesson study, berpikir kreatif 
655 7 |a Student Paper  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76036 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76036  |z Get Fulltext