PENERAPAN METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 (Studi Kasus Di SMA Plus Al-Azhar Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015-2016 Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Manfaat dan Faktor yang Mempengaruhi Perdagangan ) 

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan  untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Plus Al-Azhar Jember pada kompetensi dasar mengidentifikasi manfaat dan faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional melalui penerapan metode disk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Musa'adah Baroroh (Author), Dr. Sri Kantun, M. Ed (Contributor), Drs. Bambang Suyadi M.Si (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-08-10T02:10:55Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02794 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_76164
042 |a dc 
100 1 0 |a Musa'adah Baroroh  |e author 
100 1 0 |a Dr. Sri Kantun, M. Ed  |e contributor 
100 1 0 |a Drs. Bambang Suyadi M.Si  |e contributor 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76164 
700 1 0 |a Dr. Sri Kantun, M. Ed  |e author 
700 1 0 |a Drs. Bambang Suyadi M.Si  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 (Studi Kasus Di SMA Plus Al-Azhar Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015-2016 Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Manfaat dan Faktor yang Mempengaruhi Perdagangan )  
260 |b UNEJ,   |c 2016-08-10T02:10:55Z. 
520 |a Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan  untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Plus Al-Azhar Jember pada kompetensi dasar mengidentifikasi manfaat dan faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional melalui penerapan metode diskusi berbantuan media audio visual. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di SMA Plus Al-Azhar Jember kelas XI IPS 1. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah 28 terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data aktivitas siswa diperoleh dari hasil pengamatan observer pada saat pelaksanaan tindakan. Sedangkan analisis hasil belajar siswa diperoleh dari nilai post test. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode diskusi berbantuan media audio visual dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari kategori aktif pada siklus 1 menjadi kategori sangat aktif pada siklus 2 dengan persentase 68% menjadi 83%. Begitu pula pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa sebesar 75,9 meningkat menjadi 79,04 pada siklus 2. Sedangkan untuk ketuntasan secara klasikal dari 74% pada siklus 1 meningkat menjadi 93 % pada siklus 2. Jadi, berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa dengan menerapkan metode diskusi berbantuan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 
546 |a id 
690 |a metode diskusi, media audio visual, aktivitas belajar, dan hasil belajar 
655 7 |a Student Paper  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76164 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76164  |z Get Fulltext