PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI MACROMEDIA FLASH DISERTAI LKS YANG TERINTEGRASI DENGAN MULTIREPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Berdasarkan hasil wawancara terbatas yang telah dilakukan dengan guru fisika SMA Negeri 4 Jember, hasil belajar fisika siswa masih tergolong rendah. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa masih belum mencapai 75%. Permasalahan tersebut dapat disebabkan oleh adanya ketidakcocokan model atau metode...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Other Authors: | , |
Format: | Academic Paper |
Published: |
2016-08-10T03:21:17Z.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 04624 am a22002173u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repository_unej_123456789_76202 | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a DAMAYANTI, Silvia Qaulina |e author |
100 | 1 | 0 | |a Mahardika, I Ketut |e contributor |
100 | 1 | 0 | |a Indrawati |e contributor |
245 | 0 | 0 | |a PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI MACROMEDIA FLASH DISERTAI LKS YANG TERINTEGRASI DENGAN MULTIREPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA |
260 | |c 2016-08-10T03:21:17Z. | ||
500 | |a 110210102016 | ||
500 | |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76202 | ||
520 | |a Berdasarkan hasil wawancara terbatas yang telah dilakukan dengan guru fisika SMA Negeri 4 Jember, hasil belajar fisika siswa masih tergolong rendah. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa masih belum mencapai 75%. Permasalahan tersebut dapat disebabkan oleh adanya ketidakcocokan model atau metode pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga siswa tidak banyak terlibat dalam proses pembelajaran. Hal ini membuat siswa menganggap pelajaran fisika sulit dan membosankan sehingga siswa kurang berminat dan antusias untuk mempelajari fisika. Guru seharusnya memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi pelajaran dan didasarkan bahwa setiap siswa mempunyai kemampuan dan taraf berfikir yang berbeda-beda. Salah satu alternatif solusi yang diharapkan mampu mempengaruhi aktivitas, hasil belajar dan retensi hasil belajar siswa adalah model pembelajaran discovery learning. Oleh karena itu, dilakukan penelitian mengenai model discovery learning berbantuan media animasi macromedia flash disertai LKS yang terintegrasi dengan multirepresentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model discovery learning berbantuan media animasi macromedia flash disertai LKS yang terintegrasi dengan multirepresentasi terhadap aktivitas belajar, hasil belajar dan retensi hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 4 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember. Sebelum menentukan sampel, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi kelas X yang terdiri dari 6 kelas dan diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan post-test control design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data berasal dari guru, siswa, penilaian observer, post-test dan tes tunda. Sebelum dilakukan uji t, dilakukan uji normalitas terlebih dahulu. Selanjutnya dilakukan uji t untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan analisis Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS 16 guna menjawab rumusan masalah. Berdasarkan hasil analisis Independent Sample T-Test untuk aktivitas belajar, didapatkan nilai sig. = 0,000 artinya signifikansinya lebih kecil dari α = 0,05. Sehingga pengujian hipotesis yang digunakan adalah pengujian hipotesis pihak kanan (1-tailed), maka nilai sig. (p-value) dibagi 2 yaitu sebesar 0,000 atau < 0,05 sehingga Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil uji Independent Sample T-Test untuk hasil belajar siswa menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Selanjutnya hasil analisis Independent Sample T-Test untuk retensi hasil belajar menunjukkan bahwa nilai ttest = 2,009 dan nilai t0,025(62) = 2,000 maka ttest > ttabel sehingga Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa retensi hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa (1) Model discovery learning berbantuan media animasi macromedia flash disertai LKS yang terintegrasi dengan multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa selama pembelajaran fisika di SMA Negeri 4 Jember, (2) Model discovery learning berbantuan media animasi macromedia flash disertai LKS yang terintegrasi dengan multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 4 Jember, dan (3) Model discovery learning berbantuan media animasi macromedia flash disertai LKS yang terintegrasi dengan multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap retensi hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 4 Jember | ||
546 | |a id | ||
690 | |a DISCOVERY LEARNING | ||
690 | |a MACROMEDIA FLASH | ||
655 | 7 | |a Undergraduat Thesis |2 local | |
787 | 0 | |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76202 | |
856 | 4 | 1 | |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76202 |z Get Fulltext |