PENGEMBANGAN POP-UP MODULE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN EKOLOGI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (SISWA KELAS X SMAN KALISAT, JEMBER)

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara di Asia lainnya. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan pendidikan perlu adanya solusi untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia yaitu dengan melakukan pembaruan kurikulum. Saat i...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Indriyani Nugroho, Lyna (Author)
Other Authors: Mudakir, Imam (Contributor), Fikri, Kamalia (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-10T03:38:08Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02155 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_76209
042 |a dc 
100 1 0 |a Indriyani Nugroho, Lyna  |e author 
100 1 0 |a Mudakir, Imam  |e contributor 
100 1 0 |a Fikri, Kamalia  |e contributor 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN POP-UP MODULE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN EKOLOGI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (SISWA KELAS X SMAN KALISAT, JEMBER) 
260 |c 2016-08-10T03:38:08Z. 
500 |a 120210103061 Pembimbing 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76209 
520 |a Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara di Asia lainnya. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan pendidikan perlu adanya solusi untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia yaitu dengan melakukan pembaruan kurikulum. Saat ini pemerintah memberlakukan penggunaan kurikulum 2013 yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan kurikulum sebelumnya, oleh karena itu perlu adanya pengembangan perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan keberhasilan dalam mengajar yang sesuai dengan tujuan kurikulum 2013. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Biologi di SMAN Kalisat, Jember dan angket siswa kelas XI pada pembelajaran materi ekologi dijumpai kendala yaitu siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan perbaikan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Sedangkan bahan ajar yang menuntun siswa untuk dapat belajar secara mandiri yaitu bahan ajar berupa modul. Meningkatkan hasil belajar bukan hanya dengan cara membuat modul tetapi guru juga harus dapat menginovasi modul agar menjadi lebih inovatif, variatif dan menarik yang dapat dilakukan dengan menyatukan karakteristik dari pop-up dan pendekatan saintifik ke dalam modul pembelajaran 
546 |a id 
690 |a Pengembangan Pop-Up Module Berbasis Pendekatan Saintifik 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76209 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76209  |z Get Fulltext