PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA DI TK DHARMA INDRIA I KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang, dapat diketahui bahwa kemampuan berhitung anak masih rendah, karena dalam pembelajaran berhitung guru hanya menuliskan angka- angka di papan tulis dan anak meniru tulisan terebut pada buku masing-masi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hikmah, Qoyumil (Author)
Other Authors: Lathif, Misno A (Contributor), Khutobah (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-10T07:38:11Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03081 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_76276
042 |a dc 
100 1 0 |a Hikmah, Qoyumil  |e author 
100 1 0 |a Lathif, Misno A  |e contributor 
100 1 0 |a Khutobah  |e contributor 
245 0 0 |a PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA DI TK DHARMA INDRIA I KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016 
260 |c 2016-08-10T07:38:11Z. 
500 |a 120210205098 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76276 
520 |a Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang, dapat diketahui bahwa kemampuan berhitung anak masih rendah, karena dalam pembelajaran berhitung guru hanya menuliskan angka- angka di papan tulis dan anak meniru tulisan terebut pada buku masing-masing dan juga guru hanya memberikan LKA kepada anak untuk mengerjakan tugas, sehingga anak menjadi pasif. Hal ini menyebabkan dari 30 anak hanya 14 anak yang sudah berkembang dengan baik, sedangkan 16 anak belum berkembang dengan baik. Kesimpulannya bahwa kemampuan berhitung anak masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan dengan kegiatan pembelajaran berhitung yang menarik dan menyenangkan untuk anak. Kegiatan pembelajaran yang menarik bagi anak dapat dilakukan dengan melakukan sebuah permainan yang berupa permainan kartu angka, Karena permainan kartu angka dapat merangsang anak lebih cepat mengenal angka. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah penerapan permainan kartu angka dalam meningkatan kemampuan berhitung pada anak kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?; dan 2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan pada anak kelompok B dalam berhitung melalui permainan kartu angka di TK Dharma Indria 1 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian yaitu: 1) Mendeskripsikan penerapan permainan kartu angka dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016; dan 2) Meningkatkan kemampuan pada anak kelompok B dalam berhitung melalui permainan kartu angka di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan di TK Dharma Indria I Keamatan Patrang kabupaten jember. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 30 anak, yang terdiri atas 15 anak laki-lai dan 15 anak perempuan. Jenis penelitian yang dilakuakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan data kuantitatif. 
546 |a id 
690 |a KEMAMPUAN BERHITUNG 
690 |a PERMAINAN KARTU ANGKA 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76276 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76276  |z Get Fulltext