PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES DI SMAN 4 JEMBER

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang valid, mengetahui Keterampilan Proses siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan LKS berbasis Keterampilan Proses., dan mengetahui respon siswa setelah menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Keter...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ANGGRAINI, RIVALIA (Author)
Other Authors: Wahyuni, Sri (Contributor), Lesmono, Albertus Djoko (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-10T08:42:22Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang valid, mengetahui Keterampilan Proses siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan LKS berbasis Keterampilan Proses., dan mengetahui respon siswa setelah menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Keterampilan Proses. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Pengembangan LKS berbasis Keterampilan Proses menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi dan angket respon siswa. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic, observasi, dan pemberian angket. Data yang didapatkan adalah validasi logic, respon siswa. Hasil validasi logic untuk LKS berbasis Keterampilan Proses adalah 3,8; sehingga LKS berbasis Keterampilan Proses memenuhi kriteria cukup valid dan dapat digunakan sebagai uji coba pengembangan. Selanjutnya untuk keterampilan proses sains yang datanya diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan belajar mengajar berlangsung, yaitu sebanyak 4 kali pertemuan dan portofolio berupa isian LKS berbasis Keterampilan Proses diperoleh persentase rata-rata keterampilan proses sebesar 84,7% dan tergolong ke dalam kriteria baik. Sedangkan untuk respon yang diberikan siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan LKS berbasis keterampilan proses pada materi Dinamika Partkel ini tergolong senang atau memberikan respon yang positif. Kesimpulan pada penelitian ini antara lain, kualitas LKS berbasis Keterampilan Proses dapat dikatakan baik; respon siswa terhadap LKS berbasis Keterampilan Proses adalah positif.
Item Description:110210102092
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76297