Pengaruh Penerapan Teknik Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran PKN di SDN Patrang 01 Jember Tahun Ajaran 2015/2016

Teknik Mind Mapping adalah salah satu sistem pencatatan berfikir kreatif yang mencerminkan secara visual dengan memanfaatkan kedua belah otak, otak kanan dan otak kiri yang akan memudahkan seseorang untuk mengatur dan mengingat informasi baik secara tertulis maupun secara verba. Penelitian ini bertu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Risca Ayu Syahadati (Author), M.Sulthon Masyhud (Contributor), Singgih Bektiarso (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-08-15T01:46:09Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Teknik Mind Mapping adalah salah satu sistem pencatatan berfikir kreatif yang mencerminkan secara visual dengan memanfaatkan kedua belah otak, otak kanan dan otak kiri yang akan memudahkan seseorang untuk mengatur dan mengingat informasi baik secara tertulis maupun secara verba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik mind mapping terhadap hasil belajar pada pokok bahasan sistem pemerintahan pusat pada siswa kelas IV SDN Patrang 01 Jember tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pola Random Pre-test post-test design. Sampel penelitian diambil dari seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari kelas IVA (kelas kontrol) dan kelas IVB (kelas eksperimen) SDN Patrang 01 Jember. Pengambilan data menggunakan instrumen hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis dengan rumus uji-t diperoleh thitung=2,895 dengan keefektifan relatif sebesar 30,169%. Hasil perhitungan menunjukkan ttest > ttabel yaitu 2,895 > 1,995 sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi siswa kelas IV SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2015/2016 yang diajar menggunakan teknik mind mapping mencapai hasil belajar yang lebih baik daripada yang tidak diajar menggunakan teknik mind mapping diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan teknik Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran PKn di SDN Patrang 01 Jember tahun ajaran 2015/2016.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76435