Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Pada Sub Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 07 Jember

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII H SMP Negeri 7 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan Saintifik. Pendekatan Saintifik merupakan satu pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran dengan menitikberatkan pad...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Robbi Cahyadi (Author)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-08-15T02:49:43Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02134 am a22001693u 4500
001 repository_unej_123456789_76445
042 |a dc 
100 1 0 |a Robbi Cahyadi  |e author 
245 0 0 |a Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Pada Sub Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 07 Jember 
260 |b UNEJ,   |c 2016-08-15T02:49:43Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76445 
520 |a Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII H SMP Negeri 7 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan Saintifik. Pendekatan Saintifik merupakan satu pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran dengan menitikberatkan pada penggunaan metode ilmiah dalam kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dalam penelitianDengan mendasarkan pada langkah-langkah dalam pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang diantaranya adalah (1) mengidendifikasi masalah, (2) melibatkan usaha guru dalam membimbing peserta didik dalam memecahkan masalah, (3) peserta didik dibantu untuk memilih metode yang tepat untuk memecahkan masalah, dan (4) guru mendorong peserta didik untuk menilai validitas solusi (Jacobsen dalam Yamin, 2013: 64). Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Siklus I dan siklus II terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas VIII H SMP Negeri 7 Jember mengalami peningkatan. Skor rata-rata kemampuan siswa pada siklus I ialah 2,67 sedangkan pada siklus II adalah 2,76. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model model Problem Based Learning dengan pendekatan Saintifik dapat meningkatkan dan hasil belajar siswa di kelas VIII H SMP Negeri 7 Jember. 
546 |a id 
690 |a Model Problem Based Learning, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar 
655 7 |a Student Paper  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76445 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76445  |z Get Fulltext