PERAN PENDIDIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TAMAN POSYANDU BOEGENVIL DI KELURAHAN KEBONSARI KULON KECAMATAN KANIGARAN KOTA PROBOLINGGO

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah salah satu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Shinta Dwi Kustika S (Author), Drs. H. AT.Hendrawijaya, . S.H, M.Kes (Contributor), Deditiani Tri Indrianti. S.Pd, M.Sc (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-08-15T03:13:57Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah salah satu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Peran Pendidik Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Taman Posyandu Boegenvil di Kelurahan Kebonsari Kulon Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.  Penentuan daerah penelitian ini menggunakan teknik Snowball sampling. Hasil temuan menunjukkan bahwa, pembentukan karakter pada anak sangat dibutuhkan karena dapat merubah perkembangan mereka menjadi baik, seperti mandiri, disiplin, dan tanggung jawab serta mempunyai akhlak yang baik. Kesimpulan dari peneliti ini bahwa peran pendidik dalam pembentukan karakter anak usia dini sangat perlu dilakukan sejak dini, akan membangkitkan kemandirian pada anak dan kedisiplinan. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti untuk pendidik, hendaknya pendidik memiliki peran yang baik agar menjadikan anak yang memiliki karakter yang baik dan pendidik juga harus memiliki kemampuan menciptakan kegiatan belajar yang menarik agar anak mau bersekolah.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76451