PENERAPAN METODE CURAH PENDAPAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENANGGAPI PERISTIWA PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 03 JEMBER

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan siswa belum dibiasakan untuk aktif menyampaikan pendapat, gagasan dan tanggapan di dalam proses pembelajaran. Dampak dari permasa...

Full beskrivning

Sparad:
Bibliografiska uppgifter
Huvudupphovsmän: Siti Rofikoh (Författare, medförfattare), Suhartiningsih (Bidragsgivare), Misno (Bidragsgivare)
Materialtyp: Academic Paper
Publicerad: UNEJ, 2016-08-15T03:23:04Z.
Ämnen:
Länkar:Get Fulltext
Taggar: Lägg till en tagg
Inga taggar, Lägg till första taggen!
Beskrivning
Sammanfattning:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Kebonsari 03 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan siswa belum dibiasakan untuk aktif menyampaikan pendapat, gagasan dan tanggapan di dalam proses pembelajaran. Dampak dari permasalahan tersebut adalah siswa kurang mampu mengungkapkan pikirannya ketika maju dan berhadapan dengan teman-temannya. Penelitian ini bertujuan menelaah penerapan metode curah pendapat serta meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pokok bahasan menanggapi peristiwa.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan metode curah pendapat, Skor rata-rata hasil belajar siswa prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,3 dari 56,97 (kriteria kurang baik) menjadi 65,33 (kriteria cukup baik). Skor rata-rata hasil belajar siswa siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8 dari 65,33 (kriteria cukup baik) menjadi 73,33 (kriteria baik)
Beskrivning:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76454