PENERAPAN TEORI BELAJAR VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT SEGIEMPAT SISWA KELAS V SDN ANTIROGO 01 JEMBER

Penelitian dilaksanakan di SDN Antirogo 01 Jember. Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK. Dalam penelitian ini menggunakan 4 metode pengumpulan data antara lain observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Sebelum mela...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mubayinah, Febta (Author)
Other Authors: Sugiarti, Titik (Contributor), Khutobah (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-15T08:30:58Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian dilaksanakan di SDN Antirogo 01 Jember. Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK. Dalam penelitian ini menggunakan 4 metode pengumpulan data antara lain observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Sebelum melaksanakan tindakan dilakukan observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa di kelas serta data nilai ulangan matematika semester I. Penelitian tindakan dilaksanakan sejak tanggal 1-15 Februari 2016 yang terdiri atas 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Dalam pembelajaran siklus dilakukan observasi untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran. Setelah pelaksanaan siklus I dilakukan refleksi, dari hasil refleksi tersebut ditemukan kekurangan-kekurangan yang akan digunakan untuk pelaksanaan siklus selanjutnya. Penelitian ini dilaksanakan minimal 2 siklus. Apabila setelah siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa belum meningkat, maka dilaksanakan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori belajar Van Hiele pada pokok bahasan sifat-sifat segiempat menggunakan lima fase pembelajaran yaitu: (1) fase informasi; (2) fase orientasi terarah; (3) fase penjelasan; (4) fase orientasi bebas; (5) fase integrasi. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 12,22% dimana persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 65,21% meningkat menjadi 77,43% pada siklus II. Skor rata-rata hasil belajar siswa siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 2,22 dari 68,75 pada siklus I menjadi 70,97 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori belajar Van Hiele pada pokok bahasan sifat-sifat segiempat menjadikan siswa lebih mudah memahami pembelajaran serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Antirogo 01 Jember dalam pelajaran matematika. Saran dari peneliti yaitu guru dapat menggunakan fase-fase teori belajar Van Hiele pada pembelajarn geometri sebagai alternatif pembelajaran matematika dan upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Description:120210204020
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76473