Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Hubungan Antar Makhluk Hidup Siswa Kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso Tahun Pelajaran 2015/2016

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media video pada pelajaran IPA pokok bahasan hubungan antar makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tiindakan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Wilda Nurul Ma'rufi (Author), Nuriman (Contributor), Agustiningsih (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-08-16T02:21:24Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media video pada pelajaran IPA pokok bahasan hubungan antar makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tiindakan Kelas (PTK) model Hopskins berbentuk spiral yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 terdiri atas 8 siswi perempuan dan 12 siswa laki-laki. Skor motivasi belajar diperoleh menggunakan instrumen observasi dan skor tes hasil belajar siswa diperoleh menggunakan instrumen tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media video dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso tahun ajaran 2015/2016, pada akhir siklus I skor rata -rata motivasi belajar diperoleh 58. Pada akhir siklus II skor rata -rata motivasi belajar diperoleh 76,25. Peningkatan juga terlihat pada hasil belajar siswa. Skor tes hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 64,8, sedangkan skor tes hasil belajar pada siklus II 80,2.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76511