PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK INTENSIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA SISWA KELAS VB SDN KARANGREJO 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Penelitian ini dilakukan di SDN Karangrejo 03 Jember sejak tanggal 05 Desember 2015 sampai tanggal 19 Januari 2016. Jenis penelitian ini adalah PTK. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metod...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sari, Putri Muliyani Rahma (Author)
Other Authors: Suhartiningsih (Contributor), Khutobah (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-18T02:52:16Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02613 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_76602
042 |a dc 
100 1 0 |a Sari, Putri Muliyani Rahma  |e author 
100 1 0 |a Suhartiningsih  |e contributor 
100 1 0 |a Khutobah  |e contributor 
245 0 0 |a PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK INTENSIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA SISWA KELAS VB SDN KARANGREJO 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016 
260 |c 2016-08-18T02:52:16Z. 
500 |a 120210204098 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76602 
520 |a Penelitian ini dilakukan di SDN Karangrejo 03 Jember sejak tanggal 05 Desember 2015 sampai tanggal 19 Januari 2016. Jenis penelitian ini adalah PTK. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VB SDN Karangrejo 03 Jember pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Proses penggunaan media wayang kartun yang dapat meningkatkan kemampuan menyimak intensif siswa adalah penggunaan wayang kartun dengan dukungan suara guru yang jelas dan tidak terlalu cepat dalam bercerita. Penggunaan media wayang kartun dalam pembelajaran menyimak intensif cerita pendek anak akan menarik perhatian siswa, memusatkan perhatian siswa, dan melatih kemampuan menyimak intensif yang dimiliki siswa. Peningkatan kemampuan menyimak intensif siswa kelas VB SDN Karangrejo 03 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah menggunakan media wayang kartun dapat diketahui dari perbandingan skor klasikal hasil belajar siswa prasiklus, siklus 1, dan siklus 2. Berdasarkan hasil tes siklus 1 dan siklus 2, skor klasikal siswa meningkat sebesar 30% dari 43% (prasiklus) menjadi 73% (siklus 1). Siklus 2 juga mengalami peningkatan sebesar 7% dari 73% (siklus 1) menjadi 80% (siklus 2). Kesimpulannya media wayang kartun dapat meningkatkan kemampuan menyimak intensif siswa kelas VB SDN Karangrejo 03 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran yang dapat diberikan kepada guru yaitu diharapkan guru mampu menggunakan media wayang kartun sebagai variasi media pembelajaran agar dapat membangkitkan konsentrasi siswa dalam menyimak sehingga kemampuan menyimak intensif siswa akan meningkat. 
546 |a id 
690 |a Kemampuan Menyimak Intensif 
690 |a Wayang Kartun 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76602 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76602  |z Get Fulltext