Pengembangan Model Pembelajaran Problem Mapping Concept Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains
Indikator pembelajaran bermakna adalah mahasiswa mampu memecahkan masalah dengan cara sendiri. Cara mahasiswa memecahkan masalah sangat dipengaruhi oleh keterampilan proses sains mahasiswa. Salah satu cara mengetahui bagaimana mahasiswa belajar memecahkan masalah adalah dengan melihat bagaimana maha...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
2016-09-26T04:50:49Z.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 02166 am a22002053u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repository_unej_123456789_77119 | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Bachtiar, Rayendra Wahyu |e author |
245 | 0 | 0 | |a Pengembangan Model Pembelajaran Problem Mapping Concept Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains |
260 | |c 2016-09-26T04:50:49Z. | ||
500 | |a 2442-8868; e-ISSN: 2442-904X | ||
500 | |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77119 | ||
520 | |a Indikator pembelajaran bermakna adalah mahasiswa mampu memecahkan masalah dengan cara sendiri. Cara mahasiswa memecahkan masalah sangat dipengaruhi oleh keterampilan proses sains mahasiswa. Salah satu cara mengetahui bagaimana mahasiswa belajar memecahkan masalah adalah dengan melihat bagaimana mahasiswa memetakan masalah, sehingga akan terlihat cara mahasiswa mengkonstruksi pengetahuannya untuk memecahkan masalah. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang dapat mendesain dan melihat bagaimana mahasiswa bisa memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran problem mapping concept (PMC) dan mengukur efektivitas model pembelajaran PMC terhadap keterampilan proses sains mahasiswa. Desain penelitian untuk pengembangan model pembelajaran PMC adalah metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Validasi isi dan konstruk kelayakan model pembelajaran PMC dilakukan olah ahli. Hasil validasi menunjukkan model pembelajaran PMC layak digunakan dalam pembelajaran. Dampak model pembelajaran PMC terhadap keterampilan proses sains mahasiswa dilihat dengan membandingkan hasil pretes dan postes keterampilan proses sains. Uji-t berpasangan sisi atas digunakan untuk menganalisis pengaruh model belajar terhadap keterampilan proses sains. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran PMC secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. | ||
546 | |a id | ||
690 | |a keterampilan proses sains | ||
690 | |a problem mapping concept | ||
690 | |a model pembelajaran | ||
655 | 7 | |a Article |2 local | |
787 | 0 | |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77119 | |
856 | 4 | 1 | |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77119 |z Get Fulltext |