Perbandingan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Pembelajaran Problem Based Instruction Dan Pembelajaran Problem Based Instruction Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Aritmatika Sosial Kelas VII Semester Ganjil

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa materi pokok aritmatika sosial pada model pembelajaran matematika PBI dan PBI dengan pendekatan saintifik. Model penelitian eksperimen mengacu pada model PBI dan PBI dengan pendekatan saintifik. Subjek...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Dio Riyanto (Author), Dafik (Contributor), Suharto (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-11-01T01:49:32Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa materi pokok aritmatika sosial pada model pembelajaran matematika PBI dan PBI dengan pendekatan saintifik. Model penelitian eksperimen mengacu pada model PBI dan PBI dengan pendekatan saintifik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-F sebagai kelas kontrol SMPN 11 Jember pada semester ganjil tahun akademik 2015-2016. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan angket. Validitas instrumen secara berturut-turut adalah 0,5577; 0,5742; 0,8822. Tingkat keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol secara keseluruhan soal nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,207. Tingkat keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol soal level C4 (menganalisis) nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,029, soal level C5 (mengevaluasi) nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,878, dan soal level C5 (mengkreasi) nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,009. Perbedaan nampak dari model pembelajaran PBI dan PBI dengan pendekatan saintifik pada level soal C4 dan C6.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77264