Penerapan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS di SDN Jember Lor 05 Jember

Hakikat pembelajaran IPS adalah untuk mengembangkan konsep pemikiran yang berdasarkan realita kondisi sosial yang ada di lingkungan. Strategi pembelajaran peta konsep berbantuan media gambar adalah suatu strategi pembelajaran untuk memperlihatkan konsep-konsep dan proposisi-proposisi suatu mata pela...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Ilma Mifta Utami (Author), Muhtadi Irvan (Contributor), Yayuk Mardiati (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-11-03T01:27:33Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Hakikat pembelajaran IPS adalah untuk mengembangkan konsep pemikiran yang berdasarkan realita kondisi sosial yang ada di lingkungan. Strategi pembelajaran peta konsep berbantuan media gambar adalah suatu strategi pembelajaran untuk memperlihatkan konsep-konsep dan proposisi-proposisi suatu mata pelajaran sehingga dapat memudahkan siswa dalam mengingat konsep pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Peta Konsep berbantuan media gambar pada siswa kelas IV mata pelajaran IPS di SDN Jember Lor 05 Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan 1 kali tes di akhir silkus, pertemuan kedua terdiri dari 1 pertemuan dan satu kali tes di akhir siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jember Lor 05 Jember yang berjumlah 37 siswa, yang terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran peta konsep berbatuan media gambar, hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar siswa pra siklus sebesar 55,7 meningkat pada siklus I sebesar 69,0 meningkat lagi menjadi 79,2 pada siklus II. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 60,32 menjadi 66,83 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 74,64 pada siklus II.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77340