Penerapan Strategi Peta Konsep Jenis Pohon Jaringan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Cita-Citaku di SDN Kebonsari 05 Jember

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas belajar siswa dalam kategori cukup aktif dan hasil belajar siswa dalam kategori baik kelas IV di SDN Kebonsari 5 Jember pada tema Indahnya Kebersamaan, subtema Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 1. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaima...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Mebtan Dwi Permana (Author), Imam Muchtar (Contributor), Chumi Zahroul Fitriah (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-11-04T02:56:29Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02742 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_77369
042 |a dc 
100 1 0 |a Mebtan Dwi Permana  |e author 
100 1 0 |a Chumi Zahroul Fitriah  |e contributor 
100 1 0 |a Imam Muchtar  |e contributor 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77369 
700 1 0 |a Imam Muchtar  |e author 
700 1 0 |a Chumi Zahroul Fitriah  |e author 
245 0 0 |a Penerapan Strategi Peta Konsep Jenis Pohon Jaringan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Cita-Citaku di SDN Kebonsari 05 Jember 
260 |b UNEJ,   |c 2016-11-04T02:56:29Z. 
520 |a Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas belajar siswa dalam kategori cukup aktif dan hasil belajar siswa dalam kategori baik kelas IV di SDN Kebonsari 5 Jember pada tema Indahnya Kebersamaan, subtema Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 1. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada tema Cita-citaku sub tema Hebatnya Cita-citaku Pembelajaran 1 melalui penerapan strategi Peta Konsep Jenis Pohon Jaringan di SDN Kebonsari 5 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada tema Cita-citaku sub tema Hebatnya Cita-citaku Pembelajaran 1 melalui penerapan strategi Peta Konsep Jenis Pohon Jaringan di SDN Kebonsari 5 Jember.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di SDN Kebonsari 5 Jember.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kebonsari 5 Jember yang berjumlah 22 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan strategi Peta Konsep Jenis Pohon Jaringan Skor rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 78,86 pada siklus I dan pada siklus II 83,86 sedangkan hasil belajar siswa untuk penilaian pengetahuan secara klasikal meningkat menjadi 73,77 pada siklus I dan pada siklus II 80,04 Skor rata-rata hasil belajar siswa untuk penilaian sikap secara klasikal meningkat menjadi 72,04 pada siklus I dan pada siklus II 76,02. Skor rata-rata hasil belajar siswa untuk penilaian keterampilan secara klasikal meningkat menjadi 79,54 pada siklus I dan pada siklus II 84,05. 
546 |a id 
690 |a strategi peta konsep jenis pohon jaringan , aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa 
655 7 |a Student Paper  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77369 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77369  |z Get Fulltext