Penerapan Model Pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) dengan Teknik Mind Mapping terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Pernapasan (Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pakusari Jember)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) dengan teknik Mind Mapping. Subjek penelitian adalah  siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pakusari Jember tahun pelajaran 2015/2016.  Jenis penelitian ini adala...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Nizia Utari Fihidayat (Author), Jekti Prihatin (Contributor), Kamalia Fikri (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-11-04T03:16:41Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) dengan teknik Mind Mapping. Subjek penelitian adalah  siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pakusari Jember tahun pelajaran 2015/2016.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.  Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, sedangkan metode analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan penerapan model pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) dengan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Biologi pada materi sistem pernapasan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pakusari Jember tahun pelajaran 2015/2016.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77379