PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED  HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN  HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA DI SD MUHAMMADIYAH 1 JEMBER

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang kurang  kelas VA  di SD Muhammadiyah 1 Jember pada tema Sejarah Peradaban Indonesia sub tema Melestarikan Peninggalan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia Pembelajaran 3. Rumusan masalah dalam  penelitian adalah bagaimanakah peningkatan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Novi Dwi Ratna Putri (Author), Imam Muchtar (Contributor), Yayuk Mardiati (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: UNEJ, 2016-11-04T08:35:07Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang kurang  kelas VA  di SD Muhammadiyah 1 Jember pada tema Sejarah Peradaban Indonesia sub tema Melestarikan Peninggalan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia Pembelajaran 3. Rumusan masalah dalam  penelitian adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas VA pada tema Sejarah Peradaban Indonesia sub tema Melestarikan Peninggalan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia Pembelajaran 3 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SD Muhammadiyah 1 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA pada tema Sejarah Peradaban Indonesia sub tema Melestarikan Peninggalan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia Pembelajaran 3 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SD Muhammadiyah 1 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Muhammadiyah 1 Jember yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) Skor rata-rata hasil belajar siswa untuk penilaian sikap secara klasikal meningkat menjadi 76 pada siklus I dan pada siklus II 85,05 Skor rata-rata hasil belajar siswa untuk penilaian pengetahuan secara klasikal meningkat menjadi 79,5 pada siklus I dan pada siklus II 85,36. Skor rata-rata hasil belajar siswa untuk penilaian keterampilan secara klasikal meningkat menjadi 77,63 pada siklus I dan pada siklus II 88.
Item Description:http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77382