PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS IX IPS 3 MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016

Pembelajaran sejarah menuntut peserta didik memiliki kemampuan menganalisis dan mengkaji nilai-nilai mengenai proses perubahan dan perkembangan masyarakat dari masa lampau hingga masa mendatang. Kemampuan menganalisis akan terwujud apabila di dalam diri peserta didik terdapat motivasi yang kuat, ole...

Descripció completa

Guardat en:
Dades bibliogràfiques
Autors principals: Rusydah Binta Qur-aniyah (Autor), Sumardi (Col·laborador), Mohammad Na'im (Col·laborador)
Format: Academic Paper
Publicat: UNEJ, 2016-11-08T06:22:29Z.
Matèries:
Accés en línia:Get Fulltext
Etiquetes: Afegir etiqueta
Sense etiquetes, Sigues el primer a etiquetar aquest registre!
LEADER 02562 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_77443
042 |a dc 
100 1 0 |a Rusydah Binta Qur-aniyah  |e author 
100 1 0 |a Mohammad Na'im  |e contributor 
100 1 0 |a Sumardi  |e contributor 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77443 
700 1 0 |a Sumardi  |e author 
700 1 0 |a Mohammad Na'im  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS IX IPS 3 MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016 
260 |b UNEJ,   |c 2016-11-08T06:22:29Z. 
520 |a Pembelajaran sejarah menuntut peserta didik memiliki kemampuan menganalisis dan mengkaji nilai-nilai mengenai proses perubahan dan perkembangan masyarakat dari masa lampau hingga masa mendatang. Kemampuan menganalisis akan terwujud apabila di dalam diri peserta didik terdapat motivasi yang kuat, oleh karena itu, pembelajaran sejarah membutuhkan motivasi yang kuat agar dapat mengembangkan kemampuan menganalisis peserta didik dalam mengkaji setiap peristiwa sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script dengan menggunakan media audio-visual peserta didik kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember, dengan jumlah 26 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar pada setiap siklus. Dari 5 indikator motivasi belajar dapat disimpulkan peningkatan motivasi belajar peserta didik dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 5,9%. Skor motivasi belajar peserta didik secara klasikal pada siklus 1 sebesar 75,64%, dan siklus 2 sebesar 81,5%. Skor ketuntasan hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu 11,5%. Skor ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus 1 sebesar 69,2%, dan siklus 2 sebesar 80,76%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan menggunakan media audio-visual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2015/2016. 
546 |a id 
690 |a Cooperative Script, Media Audio-Visual, Motivasi, Hasil Belajar Sejarah 
655 7 |a Student Paper  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77443 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77443  |z Get Fulltext