PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menganalisis Peran Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia Kelas XI IIS 3 Di SMAN 1 Arjasa Tahun Ajaran 2015/2016)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IIS 3 SMAN 1 Arjasa tahun ajaran 2015/2016 pada mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar menganalisis peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia melalui penerapan model discovery learning berbantuan...

Πλήρης περιγραφή

Αποθηκεύτηκε σε:
Λεπτομέρειες βιβλιογραφικής εγγραφής
Κύριοι συγγραφείς: Selaturohmah (Συγγραφέας), Hety Mustika Ani (Συντελεστής), Retna Ngesti (Συντελεστής)
Μορφή: Academic Paper
Έκδοση: UNEJ, 2016-11-08T06:29:46Z.
Θέματα:
Διαθέσιμο Online:Get Fulltext
Ετικέτες: Προσθήκη ετικέτας
Δεν υπάρχουν, Καταχωρήστε ετικέτα πρώτοι!
LEADER 02779 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_77446
042 |a dc 
100 1 0 |a Selaturohmah  |e author 
100 1 0 |a Hety Mustika Ani  |e contributor 
100 1 0 |a Retna Ngesti  |e contributor 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77446 
700 1 0 |a Hety Mustika Ani  |e author 
700 1 0 |a Retna Ngesti  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menganalisis Peran Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia Kelas XI IIS 3 Di SMAN 1 Arjasa Tahun Ajaran 2015/2016) 
260 |b UNEJ,   |c 2016-11-08T06:29:46Z. 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IIS 3 SMAN 1 Arjasa tahun ajaran 2015/2016 pada mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar menganalisis peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia melalui penerapan model discovery learning berbantuan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IIS 3 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumen. Analisis data motivasi belajar siswa diperoleh dari hasil pengamatan observer pada saat pelaksanaan tindakan perbaikan dan analisis hasil belajar siswa diperoleh dari nilai ulangan harian siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan LKS dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari kategori rendah dengan skor 2,0 menjadi kategori sedang dengan skor 3,2 pada siklus 1 dan pada siklus 2 meningkat menjadi kategori tinggi dengan skor 3,7. Begitu pula pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, persentase siswa yang mendapat skor di atas KKM 3,00 pada sebelum tindakan sebesar 46%, setelah pelaksanaan siklus 1 meningkat menjadi 71,87% dan pada siklus 2 meningkat kembali menjadi 81,25%. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa dengan penerapan model discovery learning berbantuan LKS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. 
546 |a id 
690 |a Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan LKS, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa 
655 7 |a Student Paper  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77446 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77446  |z Get Fulltext