PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI METODE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI KABUPATEN JEMBER

Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar secara aktif yang menekankan pada penyediaan sumber belajar. Fisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan terha...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Karlingga, Like Dewi (Author)
Other Authors: Prihandono, Trapsilo (Contributor), Dwi A., Pramudya (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2016-11-21T04:43:12Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar secara aktif yang menekankan pada penyediaan sumber belajar. Fisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan terhadap gejala-gejala alam. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan salah satu guru SMA Negeri 4 Jember, bahwa guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik namun kurang mempersiapkan perangkat pembelajaran fisika yang akan digunakan di kelas. Banyak materi yang disampaikan guru menggunakan metode pembelajaran ceramah dan diskusi, sehingga guru sulit menumbuhkan keterampilan proses sains. Konsep materi fisika yang kurang dipahami mengakibatkan respon belajar siswa menurun. Hasil belajar yang diperoleh siswa masih banyak yang dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dengan rata-rata persentase nilainya sebesar 20,25%. Oleh karena itu, perlu diterapkan model dan metode pembelajaran yang berbasis pada kontruktivisme, salah satunya adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai metode giving questions and getting answer. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterampilan proses sains dan kompetensi sikap dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai metode giving questions and getting answer serta mengkaji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai metode giving questions and getting answer terhadap kompetensi pengetahuan siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain penelitian post test only control group. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas X MIA 5 sebagia kelas eksperimen dan X MIA 6 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 4 Jember. Data yang diperoleh antara lain skor keterampilan proses sains, skor kompetensi sikap, dan hasil post test. Selanjutnya data KPS di analisis dan diperoleh presentase nilai rata-rata 84,55% dengan kategori sangat baik, sedangkan data kompetensi sikap dianalisis diperoleh presentase nilai rata-rata 92,42% dengan kategori sangat baik. Pada hasil post test tersebut dianalisis yang terdiri dari uji statistik, uji normalitas, dan uji hipotesis. Dari hasil analisis independent sample Ttest diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0.0000. Nilai sig ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan menerima Ha bahwa adanya pengaruh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing disertai metode giving questions and getting answer dengan melatihkan keterampilan proses sains dapat meningkatkan hasil belajar kelas X MIA 5 di SMA Negeri 4 Jember.
Item Description:120210102059
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78179