PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTER DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (Pokok Bahasan Ekosistem Siswa Kelas VII C SMP Negeri 6 Jember)

Latar belakang penelitian ini adalah adanya masalah proses pembelajaran dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara pada bulan Januari 2016 dengan guru dan siswa mata pelajaran IPA di SMP Negeri 6 Jember. Berdasarkan nilai ujian semester gasal, siswa kelas VII C memilik...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hiasrofi, Aunurrofiqi (Author)
Other Authors: Prof. Dr. Suratno, M.Si (Contributor), Wahono, Bevo S.Pd., M.Pd (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2016-11-28T03:23:27Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01830 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_78244
042 |a dc 
100 1 0 |a Hiasrofi, Aunurrofiqi  |e author 
100 1 0 |a Prof. Dr. Suratno, M.Si.  |e contributor 
100 1 0 |a Wahono, Bevo S.Pd., M.Pd  |e contributor 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTER DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (Pokok Bahasan Ekosistem Siswa Kelas VII C SMP Negeri 6 Jember) 
260 |c 2016-11-28T03:23:27Z. 
500 |a 120210103015 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78244 
520 |a Latar belakang penelitian ini adalah adanya masalah proses pembelajaran dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara pada bulan Januari 2016 dengan guru dan siswa mata pelajaran IPA di SMP Negeri 6 Jember. Berdasarkan nilai ujian semester gasal, siswa kelas VII C memiliki ratarata nilai kelas terendah yaitu 53,26. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, motivasi siswa juga masih rendah karena siswa pasif; tidak ada respon timbal balik dari penjelasan guru oleh siswa; hanya siswa tertentu yang menjawab pertanyaan guru; terdapat siswa yang tidur-tiduran, bermain, dan mengobrol dengan teman sebangkunya; serta banyaknya siswa yang lupa dengan isi materi sebelumnya. Permasalahan tersebut dapat diatasi melalui penerapan model pembelajaran MASTER dengan metode pictorial riddle. 
546 |a id 
690 |a Penerapan Model Pembelajaran MASTER dengan Metode Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Biologi (Pokok Bahasan Ekosistem Siswa Kelas VII C SMP Negeri 6 Jember) 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78244 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78244  |z Get Fulltext