PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DISERTAI METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA KOKAMI MATA PELAJARAN IPA DI SMP

pembelajaran IPA merupakan kegiatan belajar yang dilakukan peserta didik untuk mendapat pengetahuan tentang gejala alam. Dengan menemukan fakta - fakta dan teori - teori yang dapat berpengaruh positif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, guru hanya memberi tangga yang membantu siswa untuk men...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Putri, Ade Irma Kurnia Dwi (Author)
Other Authors: Prihandono, Trapsilo (Contributor), Putra, Pramudya Dwi Aristya (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-18T04:09:36Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04684 am a22002413u 4500
001 repository_unej_123456789_78844
042 |a dc 
100 1 0 |a Putri, Ade Irma Kurnia Dwi  |e author 
100 1 0 |a Prihandono, Trapsilo  |e contributor 
100 1 0 |a Putra, Pramudya Dwi Aristya  |e contributor 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DISERTAI METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA KOKAMI MATA PELAJARAN IPA DI SMP 
260 |c 2017-01-18T04:09:36Z. 
500 |a 110210102080 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78844 
520 |a pembelajaran IPA merupakan kegiatan belajar yang dilakukan peserta didik untuk mendapat pengetahuan tentang gejala alam. Dengan menemukan fakta - fakta dan teori - teori yang dapat berpengaruh positif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, guru hanya memberi tangga yang membantu siswa untuk mencapai tingkat pemahaman yang lebih tinggi. Guru juga harus membantu siswa untuk mendapatkan pengetahuan lebih luas. Pembelajaran IPA diharapkan dapat memberikan keterampilan, pemahaman, kemampuan sikap ilmiah, kebiasaan dan apresiasi dalam mencari jawaban dalam suatu permasalahan. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP/MTS, maka sesuai dengan tahap perkembangan siswa tingkat SMP/MTS pembelajaran akan lebih baik apabila siswa dihadapkan dengan hal-hal yang bersifat menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang mampu membuat siswa lebih aktif dalam mempelajari IPA dan menciptakan situasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan salah satunya dengan menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick disertai Metode Demonstrasi Berbantuan Media KOKAMI. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengkaji perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan metode demonstrasi berbantuan media KOKAMI dengan pembelajaran yang diterapkan di sekolah, (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA dengan model pembelajaran Talking Stick dengan metode demonstrasi berbantuan media KOKAMI, (3) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa selama pembelajaran IPA dengan model pembelajaran Talking Stick dengan metode demonstrasi berbantuan media KOKAMI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penentuan daerah penelitian menggunakan metode purposive sampling area yang dilaksanakan di SMPN 11 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, angket dan tes. Desain penelitian yang digunakan adalah Design Randomized subjects Post Test Only Control Group. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah Mann Whitney U dengan bantuan software SPSS 16. Analisis hasil belajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dari analisis hasil belajar siswa menggunakan Mann Whitney U dengan Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari α = 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran talking stick disertai metode demonstrasi berbantuan media KOKAMI dengan model pembelajaran yang biasa diterapkan di sekolah. Data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari observasi sebesar 85,55% dengan kriteria sangat aktif. Data motivasi belajar siswa yang diperoleh dari hasil pengisian angket sebesar 76,7% dengan kriteria termotivasi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran Talking Stick disertai metode demonstrasi berbantuan media KOKAMI dengan pembelajaran yang diterapkan di sekolah, (2) Aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick disertai metode demonstrasi berbantuan media KOKAMI tergolong sangat aktif. Hal ini berdasarkan rata-rata nilai indikator aktivitas sebesar 85,55% dengan kriteria sangat aktif, (3) Motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick disertai metode demonstrasi berbantuan media KOKAMI tergolong dalam kriteria termotivasi. Hal ini berdasarkan rata - rata nilai indikator motivasi sebesar 76,7% dengan kriteria termotivasi. 
546 |a id 
690 |a Pramudya Dwi Aristya 
690 |a METODE DEMONSTRASI 
690 |a MEDIA KOKAMI 
690 |a MATA PELAJARAN IPA 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78844 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78844  |z Get Fulltext