PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) ELEKTRONIK MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN UNTUK KELAS XI DI SMK NEGERI 1 JEMBER

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKS Elektronik yang menarik, efisien, dan efektif pada kompetensi dasar rekonsiliasi bank untuk siswa kelas XIAk. Guna mengembangkan LKS Elektronik ini peneliti menggunakan model pengembangan milik Thiagarajan yaitu model pengembangan 4-D (Four D mo...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SETIOWATI, ANIS (Author)
Other Authors: Sukidi (Contributor), Kartini, Titin (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2017-03-01T02:21:38Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03919 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_79353
042 |a dc 
100 1 0 |a SETIOWATI, ANIS  |e author 
100 1 0 |a Sukidi  |e contributor 
100 1 0 |a Kartini, Titin  |e contributor 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) ELEKTRONIK MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN UNTUK KELAS XI DI SMK NEGERI 1 JEMBER 
260 |c 2017-03-01T02:21:38Z. 
500 |a 090210301107 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79353 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKS Elektronik yang menarik, efisien, dan efektif pada kompetensi dasar rekonsiliasi bank untuk siswa kelas XIAk. Guna mengembangkan LKS Elektronik ini peneliti menggunakan model pengembangan milik Thiagarajan yaitu model pengembangan 4-D (Four D model). 4- D (Four D model) memiliki 4 tahapan yaitu tahapDefine (Pendefinisian), tahap Design (Perancangan), tahap Develop (Pengembangan), dan tahap Disseminate (Penyebaran).Ujicoba produk dilakukan sebanyak dua kali (terbatas dan lebih luas) dilakukan setelah tahap validasi LKS Elektronik oleh para validator. Ujicoba terbatas dilakukan pada 10 siswa kelas XI Ak 2 dan ujicoba lebih luas dilakukan pada 35 siswa kelas XI Ak 1 di SMK Negeri 1 Jember. Model pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode angket, wawancara, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi:(1) Uji tingkat daya tarik media dengan menskor hasil angket respon siswa pada ujicoba terbatas dan lebih luas; (2) Uji tingkat efisiensi media diketahui dari hasil pengamatan dan wawancara peneliti dengan guru pengampu mata pelajaran akuntansi dan siswa kelas XI Ak; serta (3) Uji tingkat efektifitas modul dilakukan dengan membandingkan hasil belajar pretest(sebelum menggunakan modul yang dikembangkan)dan postest (sesudah menggunakan modu yang dikembangkan). Persentase nilai yang diperoleh dari validasi tahap pertama yang mencakup komponen validasi isi/materi, validasi bahasa, dan validasi format adalah 73,81% . Dari penilaian tersebut diketahui LKS Elektronik sudah dinilai layak namun beberapa bagian perlu direvisi sesuai dengan saran dari validator.Adapun persentase skor yang diperoleh dari para validator 1 pada validasi tahap 1 yang menilai tentang validasi isi LKS Elektronik adalah sebesar 79,17%. Persentase nilai yang diperoleh untuk validasi format dari validator 2 pada validasi tahap 1 sebesar 70,83%. Dan Persentase nilai yang diperoleh untuk validasi bahasa dari validator 3 pada validasi tahap 1 sebesar 73,81%. Setelah penilaian validasi tahap I dan dilakukan revisi sesuai petujuk validator, dilakukan validasi tahap II yang dilakukan oleh validator. Hasil validasi tahap II menunjukkan bahwa LKS Elekronik layak untuk diujicobakan dengan rata-rata skor penilaian oleh para validator 93,45%. Kemudian LKS Elektronik diujicobakan pada ujicoba terbatas dan ujicoba lebih luas, yang hasilnya menunjukkan bahwa LKS Elektronik yang dikembangkan menarik, efisien, dan efektif. Pada ujicoba lebih luas diperoleh rata-rata hasil skoring respon siswa terhadap modul tersebut sebesar 87,6% (sangat menarik); menujukkan rata-rata nilai pretest sebesar 77,34 dengan simpangan baku 6,278, sedangakan rata-rata nilai posttest sebesar 86,86 dengan simpangan baku6,258 dengan waktu belajar lebih sedikit dibandingkan dengan waktu yang dialokasi dalam silabus. Produk yang dihasilkan berupa LKS Elektronik kompetensi dasar rekonsiliasi bank yang menarik, efisien, dan efektif ini dapat dimanfaatkan oleh siswa kelas XI Ak sebagai salah satu bahan ajar dalam mempelajari akuntansi dan dapat dikembangkan pula pada kompetensi dasar lainnya. 
546 |a id 
690 |a Lembar Kerja Siswa (LKS) Elektronik 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79353 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79353  |z Get Fulltext