Inovasi Media Pembelajaran Mobile Learning ( M-Learning) : Implementasi, Efisiensi, Efektivitas, Dan Daya Tarik

Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi Jilid 2 Peran Pendidikan Etika Dalam Membangun Peradaban Bangsa

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hartanto, Wiwin (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-03-30T04:28:54Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02300 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_79979
042 |a dc 
100 1 0 |a Hartanto, Wiwin  |e author 
245 0 0 |a Inovasi Media Pembelajaran Mobile Learning ( M-Learning) : Implementasi, Efisiensi, Efektivitas, Dan Daya Tarik 
260 |c 2017-03-30T04:28:54Z. 
500 |a 978-602-74798-9-0 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79979 
520 |a Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi Jilid 2 Peran Pendidikan Etika Dalam Membangun Peradaban Bangsa 
520 |a Learner atau pembelajar mulai menggunakan berbagai perangkat teknologi komunikasi bergerak yang terhubung dengan internet dan menjadikan kecenderungan baru pembelajaran secara mobile dan biasa dikenal mobile learning (m-learning). M-learning adalah media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berbasis perangkat teknologi informasi bergerak. Pada konsep pembelajaran tersebut, M-Learning memberikan manfaat tersedianya materi pelajaran yang dapat diakses setiap saat dengan menggunakan perangkat komunikasi bergerak. Penyalahgunaan handphone oleh peserta didik tidak bisa dilihat kesalahannya selalu pada peserta didik, tetapi bisa jadi karena kekurang menarikan pembelajaran dikelas sehingga peserta didik mengalihkan perhatiannya. Selanjutnya menjadi tugas pendidik untuk dapat mengelola untuk dapat mengambil efek positif dari penggunaan perangkat mobile dengan memberdayakan perangkat mobile menjadi media pendukung dalam proses pembelajaran. Dalam implementasi m-learning yang perlu menjadi pertimbangan yaitu memperhatikan aspek efisiensi, efektifitas dan daya tarik dari m-learning tersebut. Secara keseluruhan efisiensi diukur dengan rasio jumlah waktu, personalia dan biaya yang dibutuhkan. Sedangkan efektifitas pembelajaran berhubungan dengan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran. Daya tarik pembelajaran dapat dilihat dari ketertarikan dan kecenderungan siswa untuk melalui proses pembelajaran. 
546 |a id 
690 |a m-learning 
690 |a mobile learning, 
690 |a media pembelajaran, 
690 |a learning innovation 
655 7 |a Prosiding  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79979 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79979  |z Get Fulltext