POLA PEMBINAAN ANAK TERLANTAR MELALUI PENDIDIKAN NONFORMAL DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT ASY-SYIFA SUMBERJAMBE JEMBER

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN PAMERAN PRODUK AKADEMIK "Reformasi Pendidikan dalam Memasuki ASEAN Economic Community (AEC)"

Saved in:
Bibliografiske detaljer
Hovedforfatter: Imsiyah, Niswatul (Author)
Format: Academic Paper
Udgivet: 2017-05-08T11:15:18Z.
Fag:
Online adgang:Get Fulltext
Tags: Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
Beskrivelse
Summary:PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN PAMERAN PRODUK AKADEMIK "Reformasi Pendidikan dalam Memasuki ASEAN Economic Community (AEC)"
Fenomena merebaknya anak terlantar merupakan persoalan sosial yang kompleks, keberadaan mereka tidak jarang menjadi masalah bagi banyak pihak, keluarga, masyarakat dan negara. Karena anak merupakan aset generasi penerus bangsa yang perlu ditingkatkan kualitasnya melalui pendidikan. Dalam pembinaannya melalui PNF diharapkan dapat mengembangkan potensi warga belajar di PKBM Asy-Syifa dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan ketrampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian. Penelitian ini bertujuan mengetahui : (1) gambaran pelaksanaan pembinaan anak terlantar melalui program pendidikan nonformal di PKBM Asy-Syifa Sumberjambe Jember; (2) antusias anak terlantar mengikuti pola pembinaan program PNF di PKBM Asy-Syifa Sumberjambe Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk menentukan informan adalah Snowball Sampling Technique. Subjek penelitian adalah pengelola, pendidik dan warga belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.Langkah-langkah analisisnya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : 1)Gambaran pelaksanaan pembinaan anak terlantar melalui program PNF di PKBM Asy-Syifa, terdapat beberapa program pendidikan nonformal yaitu program kesetaraan, Diniyah, life skill, TBM, kaligrafi. Adapun gambaran pembinaannya diawali dengan Pelaksaanaan program kesetaraan,dilanjutkan dengan program diniyah 2) Antusias anak terlantar dalam mengikuti pola pembinaan program PNF di PKBM Asy-Syifa, karena suatu kebutuhan sehingga mereka sangat aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan bahkan setelah selesai kegiatan mereka masih semangat melanjutkan bertanya terkait permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.
FKIP Universitas Jember
Emne beskrivelse:978-602-1262-39-9
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80104