PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR (FLASH CARD) DI TK KEMALA BHAYANGKARI 31 TANGGUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 33 Ayat 3 tentang sistem pendidikan nasional menyatakan bahwa "Bahasa asing dapat digunakan sebagai bahasa pengantar pada satuan pendidikan tertentu untuk mendukung kemampuan berbahasa asing peserta didik". Sesuai dengan pernyataan tersebut TK Kemala...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Farista, Nani Hilda (Author)
Other Authors: Nanik Yuliati (Contributor), Misno A. Lathif (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-24T03:50:28Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 33 Ayat 3 tentang sistem pendidikan nasional menyatakan bahwa "Bahasa asing dapat digunakan sebagai bahasa pengantar pada satuan pendidikan tertentu untuk mendukung kemampuan berbahasa asing peserta didik". Sesuai dengan pernyataan tersebut TK Kemala Bhayangkari telah mengeluarkan kebijakan untuk mengajarkan bahasa Inggris pada anak usia dini. Namun pada anak kelompok B2 masih banyak ditemukan anak yang belum menguasai kosa kata bahasa Inggris, 3 anak mampu melafalkan kosa kata bahasa Inggris dan menjawab pertanyaan tanpa banyuan oranglain, 5 anak mampu melafalkan dan menjawab pertanyaan belum sempurna, 6 anak mampu menjawab dan melafalkan kosa kata dengan bantuan, dan 10 anak belum mampu melafalkan kosa kata bahasa Inggris. Hal tersebut dikarenakan media yang digunakan kurang menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya media yang dapat digunakan salah satunya yaitu media kartu bergambar (flash card), karna media kartu bergambar memudahkan anak dalam memahami materi yang disampaikan, menarik perhatian anak dan menyenangkan, sehingga penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 31 Tanggul dapat meningkat sesuai harapan. Berdasarkan permasalahan di atas, dapat dipaparkan rumusan masalah penelitian ini, adalah: 1) bagaimanakah penerapan media kartu bergambar (flash card) untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa inggris anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 31 Tanggul?; 2) bagaimanakah peningkatan penguasaan kosa kata bahasa inggris anak kelompok B melaui media kartu bergambar (flash card) di TK Kemala Bhayangkari 31 Tanggul?. Sesuai dengan rumusan masalah yang telah disebutkan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekripsikan penerapan media kartu bergambar (flash card) untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak dan mengetahui peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak kelompok B setelah diterapkannya penggunaan media kartu bergambar (flash card) di TK Kemala Bhayangkari 31 Tanggul tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 31 Tanggul. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Penerapan media kartu bergambar dilakukan sambil bermain. Beberapa anak yang tidak mau bermain dibujuk oleh temannya agar mau bermain bersama, dan anak yang tidak bisa melafalkan kosa kata diajak melafalkan berulang-ulang. Hasil dari penerapan media kartu bergambar tersebut menunjukkan adanya peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 31 Tanggul berupa nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan pada siklus I 62,46 kemudian pada siklus II mengalami peningkatan lagi yaitu mencapai 88,87. Selain itu peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak juga bisa dilihat dari persentase ketuntasan kemampuan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak pada siklus I mencapai 62,5% dan pada siklus II persentase ketuntasan kemampuaan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak meningkat lagi menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas saran yang diberikan kepada guru adalah untuk menggunakan media kartu bergambar dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak, sehingga kemampuan kosa kata bahasa Ingris anak dapat optimal. Selain itu saran yang diberikan kepada peneliti lain hendaknya memperhatikan kelemahan dan kelebihan penelitian ini sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam penelitianya
Item Description:130210205070
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81432