PENGARUH ETIKA BISNIS UD SUMBER JAYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PASAR MIMBAAN KECAMATAN PANJI KABUPATEN SITUBONDO

Pada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi kepuasan konsumen salah satunya yaitu etika bisnis, dimana nilai etika bisnis tersebut di implementasikan oleh setiap pelaku bisnis dan dipertanggungjawabkan demi keberlangsungan usahanya. Ciri-ciri pelaku usaha yang menerapkan etika bisnis yaitu bersikap j...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Musayana (Author)
Other Authors: Suyadi, Bambang (Contributor), Suharso, Pudjo (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-30T08:53:47Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi kepuasan konsumen salah satunya yaitu etika bisnis, dimana nilai etika bisnis tersebut di implementasikan oleh setiap pelaku bisnis dan dipertanggungjawabkan demi keberlangsungan usahanya. Ciri-ciri pelaku usaha yang menerapkan etika bisnis yaitu bersikap jujur dalam menjalankan usahanya, adil dalam memperakukan konsumen dan siap bertanggungjawab atas semua tindakan yang diambilnya. Adanya etika bisnis yang diterapkan dengan baik oleh pelaku usaha akan membuat keuntungan tersendiri bagi pelaku bisnis. Hal tersebut juga terjadi pada UD. Sumber Jaya yaitu kios yang menjual barang pecah belah yang ada dipasar Mimbaan Situbondo yang berdiri sejak tahun 70 an. Dimana UD. Sumber Jaya menerapkan etika bisnis yang tinggi meliputi jujur dalam menjual barang, adil dalam memperlakukan konsumen dan ramah dalam melayani konsumen, maka diharapkan akan meningkatkan kepuasan konsumen UD. Sumber Jaya yang akan membuat konsumen membeli kembali diwaktu yang akan datang dan merekomendasikan UD. Sumber Jaya terhadap orang lain. Maka tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan etika bisnis UD. Sumber Jaya terhadap kepuasan konsumen dipasar Mimbaan Situbondo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area, sedangkan untuk menentukan responden penelitian menggunakan populasi sebanyak 210 dan ditarik sampel sebanyak 68 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis inferensial yang terdiri dari persamaan regresi linier sederhana, analisis varian garis regresi, efektifitas garis regresi dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika bisnis UD. Sumber Jaya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen di pasar Mimbaan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F menghasilkan yaitu Fhitung = 140.527> Ftabel = 3.9819 dengan tingkat signifikan F = 0,000<α = 0,05 dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,680 atau 68% sedangkan sisanya 32% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian antara lain harga, kualitas produk dan lainnya.
Item Description:100210301069
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82901