PROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 6 JEMBER DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPERASI PECAHAN BERDASARKAN TAHAPAN WALLAS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Berpikir adalah aktivitas mental seseorang dalam melakukan, memecahkan, dan memutuskan persoalan yang dihadapi. Sedangkan kreatif adalah berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki. Profil berpikir kreatif adalah pandangan seseorang secara...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hendriyati, Nofiela Nuning (Author)
Other Authors: Trapsilasiwi, Dinawati (Contributor), Susanto (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-31T04:18:37Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Berpikir adalah aktivitas mental seseorang dalam melakukan, memecahkan, dan memutuskan persoalan yang dihadapi. Sedangkan kreatif adalah berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki. Profil berpikir kreatif adalah pandangan seseorang secara umum mengenai aktivitas mental manusia dalam memecahkan masalah matematika dengan kemampuan menemukan banyak kemungkinan jawaban atau menemukan satu jawaban yang sama tetapi dengan banyak cara yang berbeda. Menurut Siswono, ada 3 kriteria seseorang untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan, keluwesan dan kebaruan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir kreatif siswa berdasarkan tahapan Wallas dalam memecahkan masalah operasi pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Jember. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Proses pengambilan data dilakukan selama 2 hari yaitu pada tanggal 15-16 Mei 2017. Hari pertama proses pengambilan data melalui tes pemecahan masalah kepada seluruh siswa kelas VII B. Pada hari kedua, dilakukan wawancara terhadap 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan secara acak. Proses wawancara menggunakan metode Snowball Throwing. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemecahan masalah matematika dan pedoman wawancara. Data yang dianalisis adalah hasil tes pemecahan masalah matematika siswa dan hasil wawancara.
Item Description:130210101043
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82927