PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) LOCAL WISDOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII
Proses pengembangan perangkat pembelajaran materi persamaan linier satu variabel dengan menggunakan pembelajaran berbasis realistic mathematic education Local wisdom dengan Mengunakan model Thiagarajan yang dikenal dengan Four-D. adapun tahap-tahap yang dilakukan meliputi: (1). Tahap pendefinisian y...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Other Authors: | , |
Format: | Academic Paper |
Published: |
2017-11-08T08:33:45Z.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 02503 am a22002053u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repository_unej_123456789_83176 | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Rohmah, Nafisatur |e author |
100 | 1 | 0 | |a Hobri |e contributor |
100 | 1 | 0 | |a Yuliati, Nanik |e contributor |
245 | 0 | 0 | |a PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) LOCAL WISDOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII |
260 | |c 2017-11-08T08:33:45Z. | ||
500 | |a NIM 150220101018 | ||
500 | |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83176 | ||
520 | |a Proses pengembangan perangkat pembelajaran materi persamaan linier satu variabel dengan menggunakan pembelajaran berbasis realistic mathematic education Local wisdom dengan Mengunakan model Thiagarajan yang dikenal dengan Four-D. adapun tahap-tahap yang dilakukan meliputi: (1). Tahap pendefinisian yaitu kegiatan analisis awal akhir terhadap kurikulum 2013, analisis siswa untuk mengetahui karakteristik siswa, analisis kompetensi dasar dan kompetensi inti, analisis konsep, analisis tugas, dan analisis tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (2) tahap perancangan yaitu merancang perangkat pembelajaran meliputi: penyusunan RPP, LKS dan THB pada Microsoft office word, format perangkat pembelajaran yang dipilih yaitu perangkat pembelajaran materi persamaan linier satu variabel dengan menggunakan pembelajaran berbasis realistic mathematic education Local wisdom. Pada tahap perancangaan diperoleh perangkat pembelajaran yang dihasilkan melalui penilaian ahli dan uji keterbacaan. Setelah penilaian ahli, dilakukan revisi sesui saran dari validator yang disebut Draft 2 yang akan dilanjutkan dengan uji keterbacaan yang menghasilkan Draft 3. Perangkat pembelajaran yang disebut Draft 3 ini selanjutnya dilakukan uji coba lapangan. Hasil ujicoba lapangan dianalisis dan dilakukan revisi sehingga menghasilkan perangkat final atau perangkat pembelajaran materi persamaan linier satu variabel dengan menggunakan pembelajaran berbasis realistic mathematic education Local wisdom. (4) tahap penyebaran , dalam penelitian ini tahap penyebaran dilakukan di SMP Negeri 1 Sempu. | ||
546 | |a id | ||
690 | |a PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) LOCAL WISDOM | ||
655 | 7 | |a Thesis |2 local | |
787 | 0 | |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83176 | |
856 | 4 | 1 | |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83176 |z Get Fulltext |