PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) LOCAL WISDOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII

Proses pengembangan perangkat pembelajaran materi persamaan linier satu variabel dengan menggunakan pembelajaran berbasis realistic mathematic education Local wisdom dengan Mengunakan model Thiagarajan yang dikenal dengan Four-D. adapun tahap-tahap yang dilakukan meliputi: (1). Tahap pendefinisian y...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rohmah, Nafisatur (Author)
Other Authors: Hobri (Contributor), Yuliati, Nanik (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2017-11-08T08:33:45Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02503 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_83176
042 |a dc 
100 1 0 |a Rohmah, Nafisatur  |e author 
100 1 0 |a Hobri  |e contributor 
100 1 0 |a Yuliati, Nanik  |e contributor 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) LOCAL WISDOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII 
260 |c 2017-11-08T08:33:45Z. 
500 |a NIM 150220101018 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83176 
520 |a Proses pengembangan perangkat pembelajaran materi persamaan linier satu variabel dengan menggunakan pembelajaran berbasis realistic mathematic education Local wisdom dengan Mengunakan model Thiagarajan yang dikenal dengan Four-D. adapun tahap-tahap yang dilakukan meliputi: (1). Tahap pendefinisian yaitu kegiatan analisis awal akhir terhadap kurikulum 2013, analisis siswa untuk mengetahui karakteristik siswa, analisis kompetensi dasar dan kompetensi inti, analisis konsep, analisis tugas, dan analisis tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (2) tahap perancangan yaitu merancang perangkat pembelajaran meliputi: penyusunan RPP, LKS dan THB pada Microsoft office word, format perangkat pembelajaran yang dipilih yaitu perangkat pembelajaran materi persamaan linier satu variabel dengan menggunakan pembelajaran berbasis realistic mathematic education Local wisdom. Pada tahap perancangaan diperoleh perangkat pembelajaran yang dihasilkan melalui penilaian ahli dan uji keterbacaan. Setelah penilaian ahli, dilakukan revisi sesui saran dari validator yang disebut Draft 2 yang akan dilanjutkan dengan uji keterbacaan yang menghasilkan Draft 3. Perangkat pembelajaran yang disebut Draft 3 ini selanjutnya dilakukan uji coba lapangan. Hasil ujicoba lapangan dianalisis dan dilakukan revisi sehingga menghasilkan perangkat final atau perangkat pembelajaran materi persamaan linier satu variabel dengan menggunakan pembelajaran berbasis realistic mathematic education Local wisdom. (4) tahap penyebaran , dalam penelitian ini tahap penyebaran dilakukan di SMP Negeri 1 Sempu. 
546 |a id 
690 |a PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) LOCAL WISDOM 
655 7 |a Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83176 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83176  |z Get Fulltext