SINEMA VIRTUAL REALITY: MENGGUGAT TATA BAHASA SINEMA
Jurnal Layar, Vol. 4 No. 2 Desember 2017
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
2018-02-09T02:27:17Z.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Jurnal Layar, Vol. 4 No. 2 Desember 2017 Sinema virtual reality adalah film dengan teknologi terbaru yang memungkinkan penonton "hadir" di dalam film baik secara sadar maupun bawah sadar. Visi 360 derajat terhadap realitas yang ditawarkan oleh teknologi virtual reality membuat penonton dapat memilih sendiri sudut pandang, ukuran serta pergerakan visual yang diinginkan dalam menikmati cerita dalam sebuah film. Penelitian ini membahas tentang pengaruh sinema virtual reality terhadap kemungkinan tata bahasa sinema beserta dimensi estetik yang ditimbulkannya pada film. Penelitian ini menggunakan pendekatan analitik terhadap fenomena kemunculan sinema virtual reality, yang dianggap dapat mengubah dimensi estetik film serta tata bahasa film (sinematografi) sebagai unsur penting dalam visualisasi sebuah film. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah adanya perubahan dimensi estetik film dikarenakan berubahnya tata bahasa sinema yang selama ini dipahami, yang disebabkan oleh hadirnya sinema virtual reality. Sinematografi sebagai tata bahasa film diharapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi sinema atau tetap memberi batas yang tegas sebagai entitas yang berbeda dan tidak bergantung pada perkembangan teknologi. |
---|---|
Item Description: | 2407-7992 http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84221 |