IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATH-SCIENCE BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI DAERAH PERKEBUNAN KOPI JEMBER

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 21, No 1, June 2017 (1-10)

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Suratno, Suratno (Author), Kurniati, Dian (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-02-13T04:10:20Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02132 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_84306
042 |a dc 
100 1 0 |a Suratno, Suratno  |e author 
500 |a 1410-4725 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84306 
700 1 0 |a Kurniati, Dian  |e author 
245 0 0 |a IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATH-SCIENCE BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI DAERAH PERKEBUNAN KOPI JEMBER 
260 |c 2018-02-13T04:10:20Z. 
520 |a Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 21, No 1, June 2017 (1-10) 
520 |a Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpkir kritis siswa kelas V SD di sekitar perkebunan kopi Garahan Jember melalui penerapan model pembelajaran mathscience berbasis performance assessment. Kemampuan berpikir kritis dalam penelitian ini adalah kemampuan pembuktian, kemampuan generalisasi, dan kemampuan pemecahan masalah. Data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Uji coba penelitian ini diterapkan pada dua SD di sekitar perkebunan kopi yaitu MI Al -Amin Garahan dan SD Negeri Sidomulyo 03 Jember dengan subyek penelitian sebanyak 80 siswa. Data diperoleh dari hasil kinerja siswa selama mengerjakan post test pada materi math-science dan wawancara. Pada siklus pertama terdapat 8 siswa (10%) yang memenuhi semua indikator kemampuan generalisasi dan pembuktian, sedangkan kemampuan pemecahan masalah belum berkembang dengan maksimal. Pada siklus kedua terdapat peningkatan, yaitu terdapat 22 siswa (27.5%) yang mampu memiliki kemampuan pembuktian dan kemampuan generalisasi. Pada siklus ketiga terdapat 32 siswa (40%) yang mampu memiliki semua kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. 
546 |a id 
690 |a math-science 
690 |a performance assessment 
690 |a kemampuan berpikir kritis 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84306 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84306  |z Get Fulltext