PENERAPAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN MEMBERIKAN PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 JEMBER
Keterampilan dasar mengajar merupakan bagian dari kompetensi pedagogik yang dituntut untuk dilaksanakan di dalam proses pembelajaran. Keterampilan dasar mengajar dibagi menjadi delapan. Dua di antaranya adalah keterampilan bertanya dan keterampilan memberikan penguatan. Pertanyaan yang diberikan aka...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Other Authors: | , |
Format: | Academic Paper |
Published: |
2018-03-14T02:44:13Z.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Keterampilan dasar mengajar merupakan bagian dari kompetensi pedagogik yang dituntut untuk dilaksanakan di dalam proses pembelajaran. Keterampilan dasar mengajar dibagi menjadi delapan. Dua di antaranya adalah keterampilan bertanya dan keterampilan memberikan penguatan. Pertanyaan yang diberikan akan mendapat respon dari siswa, yaitu berupa jawaban yang dikemukakan. Jawaban tersebut memerlukan suatu penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada siswa. Penghargaan ini disebut penguatan. Kedua keterampilan tersebut memiliki tujuan agar siswa mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada kemampuan guru dalam bertanya dan memberikan penguatan untuk menampilkan contoh atau model guru dalam memberikan pertanyaan dan pernyataan penguatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, penerapan keterampilan bertanya berdasarkan aspek komponen, jenis, prinsip, dan tujuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, penerapan keterampilan memberikan penguatan berdasarkan aspek komponen, prinsip, cara menggunakan penguatan dan tujuan, respon siswa terhadap pemberian pertanyaan, serta respon siswa terhadap pernyataan penguatan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif observasional. Data dalam penelitian ini berupa pertanyaan dan pernyataan penguatan lisan dan non lisan oleh guru, informasi verbal dan nonverbal siswa tentang respon terhadap pemberian pertanyaan dan pernyataan penguatan, serta situasi proses pembelajaran. Sumber data yang digunakan adalah satu guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII, serta situasi proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif Miles dan Hubberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. |
---|---|
Item Description: | NIM 130210402029 http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84569 |