PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA
Pelaksanaan pembelajaran fisika yang belum bisa memenuhi tuntutan pembelajaran berbasis scientific approach merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi dalam kegiatan pembelajaran di SMA. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru fisika kelas X di SMA 4 Jember diperoleh informasi bahwa rana...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Other Authors: | , |
Format: | Academic Paper |
Published: |
2018-03-28T03:39:28Z.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Pelaksanaan pembelajaran fisika yang belum bisa memenuhi tuntutan pembelajaran berbasis scientific approach merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi dalam kegiatan pembelajaran di SMA. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru fisika kelas X di SMA 4 Jember diperoleh informasi bahwa ranah keterampilan siswa masih sulit terukur karena belum tersedianya laboratorium fisika yang memadai, sehingga seringkali guru melakukan demonstrasi di depan kelas untuk menggantikan praktikum fisika. Akibatnya Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa menjadi tidak dapat diukur dalam pembelajaran. Selain itu, hal tersebut memunculkan persepsi pada diri siswa, bahwa fisika adalah mata pelajaran yang rumit dan sulit dimengerti. Peneliti juga memperoleh informasi bahwa laboratorium komputer yang ada di SMA Negeri 4 Jember sudah memadai. Ketersediaan laboratorium komputer tersebut dapat dijadikan sebuah alternatif untuk memudahkan siswa dan guru dalam melaksanakan kegiatan praktikum yaitu dengan pengembangan bahan ajar fisika berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan momentum dan impuls di SMA. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana validitas bahan ajar fisika berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan momentum dan impuls di SMA? ;bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar fisika berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan momentum dan impuls di SMA? ;bagaimana keterampilan proses Sains siswa setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar Fisika berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan momentum dan impuls di SMA? ;bagaimana minat siswa terhadap bahan ajar fisika berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan momentum dan impuls di SMA? |
---|---|
Item Description: | NIM. 130210102063 http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84929 |