IMPLEMENTASI MODEL POE (PREDICT- OBSERVE- EXPLAIN) DISERTAI LKS BERBASIS METODE GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PUJER
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji aktivitas belajar setelah menggunakan model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis Metode GNT (Guided Note Taking) pada pembelajaran Fisika kelas XI di SMA Negei Pujer (2) mengkaji hasil belajar kognitif setelah menggunakan model POE (Pr...
Պահպանված է:
Հիմնական հեղինակ: | |
---|---|
Այլ հեղինակներ: | , |
Ձևաչափ: | Academic Paper |
Հրապարակվել է: |
2018-04-05T03:24:25Z.
|
Խորագրեր: | |
Առցանց հասանելիություն: | Get Fulltext |
Ցուցիչներ: |
Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
|
LEADER | 03530 am a22002173u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repository_unej_123456789_85230 | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Devi, Rezki Noviana |e author |
100 | 1 | 0 | |a Wahyuni, Sri |e contributor |
100 | 1 | 0 | |a Bachtiar, Rayendra Wahyu |e contributor |
245 | 0 | 0 | |a IMPLEMENTASI MODEL POE (PREDICT- OBSERVE- EXPLAIN) DISERTAI LKS BERBASIS METODE GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PUJER |
260 | |c 2018-04-05T03:24:25Z. | ||
500 | |a 120210102091 | ||
500 | |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85230 | ||
520 | |a Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji aktivitas belajar setelah menggunakan model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis Metode GNT (Guided Note Taking) pada pembelajaran Fisika kelas XI di SMA Negei Pujer (2) mengkaji hasil belajar kognitif setelah menggunakan model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis Metode GNT (Guided Note Taking) pada pembelajaran Fisika kelas XI di SMA Negei Pujer. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pujer, penentuan tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposuve sampling area. Penentuan sampel siswa menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas Kontrol. Desain penelitian ini adalah post-test-only control design. Nilai aktivitas belajar fisika siswa diperoleh dari observasi dan nilai hasil belajar kognitif fisika siswa diperoleh dari post-test. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis Independent Mann Whitney Test dengan program SPSS 22 dan Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS 20. Data aktivitas belajar fisika siswa diperoleh melalui observasi pada siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan masing masing kelas memiliki 6 indikator. Analisis aktivitas belajar fisika siswa menunjukan skor rata-rata aktivitas belasjar fisika siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis data menggunakan Independent Mann Whitney Test diperoleh nilai signifikansi 0,00045 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer. Hasil analisis hasil belajar kognitif fisika siswa menunjukkan bahwa ratarata nilai hasil belajar kognitif kelas ekeperimen lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol, dan diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer, (2) model pembelajaran POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer. | ||
546 | |a id | ||
690 | |a POE (Predict- Observe- Explain) | ||
690 | |a GNT (Guided Note Taking) | ||
655 | 7 | |a Undergraduat Thesis |2 local | |
787 | 0 | |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85230 | |
856 | 4 | 1 | |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85230 |z Get Fulltext |