IMPLEMENTASI MODEL POE (PREDICT- OBSERVE- EXPLAIN) DISERTAI LKS BERBASIS METODE GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PUJER

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji aktivitas belajar setelah menggunakan model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis Metode GNT (Guided Note Taking) pada pembelajaran Fisika kelas XI di SMA Negei Pujer (2) mengkaji hasil belajar kognitif setelah menggunakan model POE (Pr...

Ամբողջական նկարագրություն

Պահպանված է:
Մատենագիտական մանրամասներ
Հիմնական հեղինակ: Devi, Rezki Noviana (Հեղինակ)
Այլ հեղինակներ: Wahyuni, Sri (Աջակցող), Bachtiar, Rayendra Wahyu (Աջակցող)
Ձևաչափ: Academic Paper
Հրապարակվել է: 2018-04-05T03:24:25Z.
Խորագրեր:
Առցանց հասանելիություն:Get Fulltext
Ցուցիչներ: Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
LEADER 03530 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_85230
042 |a dc 
100 1 0 |a Devi, Rezki Noviana  |e author 
100 1 0 |a Wahyuni, Sri  |e contributor 
100 1 0 |a Bachtiar, Rayendra Wahyu  |e contributor 
245 0 0 |a IMPLEMENTASI MODEL POE (PREDICT- OBSERVE- EXPLAIN) DISERTAI LKS BERBASIS METODE GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PUJER 
260 |c 2018-04-05T03:24:25Z. 
500 |a 120210102091 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85230 
520 |a Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji aktivitas belajar setelah menggunakan model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis Metode GNT (Guided Note Taking) pada pembelajaran Fisika kelas XI di SMA Negei Pujer (2) mengkaji hasil belajar kognitif setelah menggunakan model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis Metode GNT (Guided Note Taking) pada pembelajaran Fisika kelas XI di SMA Negei Pujer. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pujer, penentuan tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposuve sampling area. Penentuan sampel siswa menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas Kontrol. Desain penelitian ini adalah post-test-only control design. Nilai aktivitas belajar fisika siswa diperoleh dari observasi dan nilai hasil belajar kognitif fisika siswa diperoleh dari post-test. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis Independent Mann Whitney Test dengan program SPSS 22 dan Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS 20. Data aktivitas belajar fisika siswa diperoleh melalui observasi pada siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan masing masing kelas memiliki 6 indikator. Analisis aktivitas belajar fisika siswa menunjukan skor rata-rata aktivitas belasjar fisika siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis data menggunakan Independent Mann Whitney Test diperoleh nilai signifikansi 0,00045 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer. Hasil analisis hasil belajar kognitif fisika siswa menunjukkan bahwa ratarata nilai hasil belajar kognitif kelas ekeperimen lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol, dan diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer, (2) model pembelajaran POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer. 
546 |a id 
690 |a POE (Predict- Observe- Explain) 
690 |a GNT (Guided Note Taking) 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85230 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85230  |z Get Fulltext