ANALISIS PRESTASI TERBANG JELAJAH ENDURANCE MAKSIMUM PESAWAT N219

Penelitian ini dilakukan menggunakan metode perhitungan dengan grafik Power Required dan Kecepatan. Endurance maksimum pesawat diperoleh dari titik minimum kurva parabolik dari grafik tersebut. Hasil perhitungan menunjukkan pada variasi temperatur ISA 0 dan ISA+20 memberikan hasil bahwa endurance pa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Zaki, Akhmad Nirman (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-04-25T04:07:14Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan menggunakan metode perhitungan dengan grafik Power Required dan Kecepatan. Endurance maksimum pesawat diperoleh dari titik minimum kurva parabolik dari grafik tersebut. Hasil perhitungan menunjukkan pada variasi temperatur ISA 0 dan ISA+20 memberikan hasil bahwa endurance pada ISA+20 lebih besar dibandingkan dengan ISA 0. Di ketinggian terbang sea level, endurance pada ISA 0 adalah sebesar 6,234 jam dan endurance pada ISA+20 adalah sebesar 6,776 jam. Hal ini terjadi karena massa jenis udara semakin menurun dengan meningkatnya temperatur, sehingga kecepatan meningkat dikarenakan massa jenis udara berbanding terbalik dengan kecepatan. Meningkatnya kecepatan akan meningkatkan endurance maksimumnya. Selain itu endurance maksimum juga dipengaruhi oleh ketinggian terbang. Endurance pesawat N219 meningkat seiring dengan bertambahnya ketinggian terbang. Pada variasi ketinggian terbang sea level, 5.000 ft, dan 10.000 ft menghasilkan endurance terkecil yaitu 6,234 jam pada ketinggian sea level dan endurance terbesar yaitu 8,049 jam pada ketinggian 10.000 ft. Hal tersebut terjadi karena meningkatnya ketinggian pesawat menyebabkan menurunkan nilai fuel flow. Fuel flow yang semakin menurun menyebabkan bahan bakar pesawat akan semakin irit, sehingga akan meningkatkan endurance maksimum.
Item Description:141910101083
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85578